Mohon tunggu...
Naurah Salsabila
Naurah Salsabila Mohon Tunggu... Walking in the starlight

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030103)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Hal yang Sering Kali Dilupakan Ketika Bermedia Sosial

5 Maret 2021   14:53 Diperbarui: 5 Maret 2021   14:58 102 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hal yang Sering Kali Dilupakan Ketika Bermedia Sosial
maatdigital.fr

Di zaman yang semakin berkembang dan tentunya menjadi serba cepat ini membuat penggunaan media sosial tentunya semakin meluas dan juga menjadi semakin mudah. Apalagi penggunaan media sosial juga memberikan dampak yang positif dalam berbagai bidang dan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Nih kita simak dulu beberapa manfaat dalam penggunaan media sosial yuk.

1. Menambah Relasi

Penggunaan media sosial yang semakin meluas tentunya juga berdampak pada interaksi sosial yang kita lakukan. Semakin luas jangkauannya, semakin luas juga interaksi sosial yang dapat kita lakukan melalui internet. Makanya ga usah heran kalo misalnya ada orang yang memiliki relasi dengan banyak orang bahkan sampai memiliki teman dari berbagai belahan dunia.

2. Lebih Mudah Mendapatkan Informasi

Dengan menggunakan media sosial tentunya akan lebih mudah dan cepat bagi kita untuk mendapatkan informasi. Mulai dari berita terkini hingga kabar seseorang akan mudah bagi kita untuk menjangkau dan mendapatkan informasi tersebut lewat media sosial. Apalagi media sosial saat ini juga memiliki banyak situs maupun forum khusus untuk kabar terkini.

3. Memudahkan Untuk Berkomunikasi Jarak Jauh

Dengan media sosial, kamu ga perlu takut lagi akan kesusahan untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita. Berkomunikasi antarkota, antarpulau, bahkan antarnegara bisa dilakukan dengan mudah lewat media sosial, kamu bisa bertukar kabar, melalui pesan teks, panggilan suara, dan juga panggilan video.

Nah sebenarnya selain beberapa hal di atas, masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dari penggunaan media sosial bila dilakukan secara bijak. Namun sayangnya masih banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam penggunaan media sosial ini, apalagi penggunaan media sosial dapat kita lakukan secara anonim, sehingga banyak yang berlaku seenaknya karena mengira tidak akan ada masalah yang terjadi. Meskipun nampaknya kita bisa berlaku bebas dalam penggunaan media sosial, ternyata dalam menggunakan media sosial pun kita juga memerlukan etika yang tentunya harus diterapkan.

Etika itu apa sih? Etika itu adalah hal atau ilmu yang mempelajari mana hal yang baik dan hal yang buruk. Etika juga dapat diartikan sebagai aktivitas yang pantas dan baik (Rama Kertamukti, 2020). Etika tentunya sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan, tidak hanya dalam kehidupan di masyarakat, tetapi juga dalam kehidupan di media sosial untuk saling menjaga pribadi masing-masing dan juga untuk menimbulkan keharmonisan.

Nah berikut ada beberapa netiket (etika berinternet) dalam berjejaring sosial di dunia maya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x