Mohon tunggu...
Naura Hasna
Naura Hasna Mohon Tunggu... Mahasiswa - MATEMATIKA 2020 UIN WALISONGO SEMARANG

FIGHTING :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Literasi Media di Era Serba Digital

19 Juni 2022   21:56 Diperbarui: 19 Juni 2022   23:04 36 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dokpri
Dokpri

Perkembangan zaman yang kian hari kian berubah. Orang tua pada umumnya khawatir dengan perkembangan dan perilaku anaknya. Anak-anak zaman sekarang kebanyakan sudah memiliki gadget yang mereka gunakan hampir setiap saat setiap waktu. Mereka lebih suka menghabiskan waktunya bersosial media seperti youtube, instagram, game, dan lain sebaganya.

Untuk menghadapi perkembangan zaman, mau tidak mau jangan sampai ketinggalan dengan teknologi-teknologi canggih sekarang ini. Jangan samapai masyarakat sesak terhadap media. Mengembangkan literasi media di khalayak masyarakat sangatlah penting. Yaitu bisa dengan kegiatan sederhana sebagai upaya melek media.

Literasi media  bertujuan untuk memberikan kesadaran kritis terhadap khalayak sehingga lebih berdaya dihadapan media. Salah satu upaya yang kita lakukan adalah dengan melakukan penyuluhan tentang literasi media yang baik dan benar di kalangan anak-anak Madrasah Diniyah Al-Miftah daerah Cangkiran Kota Semarang.

Dalam kegiatan tersebut kami menjelaskan tentang tata cara menggunakan gadget yang benar, tata cara bersosial media, dan paling penting tentang tata cara menggunakan aplikasi youtube. Alasan kami menjelaskan tentang cara menggunakan aplikasi youtube, yaitu karena pada saat mereka ditanya tentang hal apa yang mereka lakukan saat menggunakan gadget, mereka kebanyakan menjawab youtube.

Tak hanya itu, di sana kami juga mengajak anak-anak bermain dan bersenda gurau. Kami memberikan tantangan kepada mereka bahwa siapa yang berani maju untuk membaca salah satu buku yang dibawa oleh kakak-kakak mahasiswa akan mendapatkan hadiah. Dari situlah mereka sangat antusias maju ke depan untuk membaca buku.

Oleh karena itu, literasi bagi kalangan anak-anak sangatlah penting. Literasi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bisa dengan menggunakan buku, gadget, papan informasi. Dan satu lagi hal penting yang wajib orang tua lakukan yaitu orang tua harus mengawasi anak-anaknya saat menggunakan gadget.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan