Mohon tunggu...
Aziz Naufal Hadi
Aziz Naufal Hadi Mohon Tunggu... Untuk artikel yang saya tulis di sini, semuanya dapat diakses dalam blog saya sendiri yaitu naufalhd.blogspot.com.

Mahasiswa Kimia UI 2017 | Alumnus SMA PU Al Bayan | Blog: naufalhd.blogspot.com | Do what you can do, before you can't do anything

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Tokusatsu: Serial TV yang Tak Hilang Zaman dan Penggemar

30 Juni 2020   22:00 Diperbarui: 1 Juli 2020   18:33 35 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tokusatsu: Serial TV yang Tak Hilang Zaman dan Penggemar
Protagonis Serial Metal Heroes (Sumber: mogymogy.com)

Pernah dengar tentang tokusatsu? Apasih sebenarnya serial tokusatsu itu? Seberapa baguskah serial ini? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu sering muncul untuk yang masih belum familiar dengan istilah "tokusatsu". Istilah tokusatsu adalah kata dari bahasa jepang yang berarti sebagai efek spesial. Seringkali kata tokusatsu digunakan sebagai kelompok jenis film yang menggunakan kostum sebagai salah satu cirinya. Salah satu jenis tokusatsu yang sampai saat ini masih berkembang adalah serial kamen rider, super sentai, dan ultraman. 

Serial tokusatsu pertama kali ditayangkan perdana di teater Jepang pada pertunjukan kabuki (drama tari Jepang) dan Bunraku (teater boneka Jepang tradisional). Sebelum akhirnya serial ini pertama kali dikenal luas setelah perilisan film Godzilla (1954) sebagai salah satu monster (kaiju) yang paling terkenal. 

Kemunculan Godzilla menjadi awal mula berubahnya jenis film tokusatsu di Jepang. Saking bagusnya serial tokusatsu, banyak serial-serial tokusatsu yang diproduksi ulang atau dibuat adaptasinya menjadi versi negara yang mengadaptasi. Sampai saat ini jenis film yang menjadi tolok ukur bahwa film Jepang diesbut sebagai tokusatsu adalah aktornya yang menggunakan kostum tertentu dan menghasilkan efek-efek khusus selama penayangan. Serial tokusatsu memiliki rentang waktu penayangan selama 1 tahun untuk setiap judulnya atau kira-kira sepanjang 40-50 episode. Pada tulisan ini akan lebih menekankan terhadap perkembangan serial Metal Heroes, Super Sentai, Kamen Rider, dan Ultra Series. 

A. Metal Heroes Series 

Serial ini bercerita tentang adanya android, cyborg, atau manusia yang berpakaian logam bertugas di luar angkasa, militer, atau kepolisian. Serial tokusatsu produksi Toei Company dan Ishimori Productions ini memiliki plot cerita yang lebih menekankan terhadap penggunaan teknologi mutakhir yang harus dijaga penggunaannya agar dapat digunakan untuk kebaikan. 

Serial ini diproduksi oleh Toei Company sejak 1982-1999 berbarengan dengan serial kamen rider dan super sentai. Serial ini masuk ke Indonesia pada tahun 80an dengan judul Space Cop Gaban (di Jepang Uchuu Keiji Gavan) melalui kaset video yang disewakan. Setelah itu seri kedua metal hero, Sharipan (di Jepang Uchuu Keiji Sharivan), mulai ditayangkan televisi Indonesia TVRI. Seri metal hero semakin berkembang di Indonesia dibuktikan dengan televisi swasta yang ikut andil dalam meneruskan penayangan seri ini.

B. Super Sentai 

Serial terbaru Super Sentai Mashin Sentai Kiramager (2020) (Sumber: duniaku.idntimes.com)
Serial terbaru Super Sentai Mashin Sentai Kiramager (2020) (Sumber: duniaku.idntimes.com)

Super sentai adalah tokusatsu dengan tema sekelompok pasukan petarung yang mendapat kekuatan khusus dan menjadi superhero. Ciri khas dari serial ini adalah pakaian yang dikenakan oleh protagonis utama selalu berwarna warni. Selain itu, super sentai memiliki senjata-senjata khusus yang dimiliki oleh setiap sentai serta memiliki robot raksasa yang dapat bergabung untuk mengalahkan monster raksasa. Super sentai pertama yang diproduksi oleh Toei Company bersama dengan Ishimori Productions adalah Himitsu Sentai Gorenger (1975). 

Super sentai memiliki pembagian masa sesuai dengan masa kepemimpinan kaisar Jepang. Sampai saat tulisan ini dibuat, baru mencapai 3 masa yaitu Showa, Heisei, dan Reiwa. Saat ini, serial terbaru yang tayang di Jepang berada pada era Reiwa, yaitu super sentai ke-44 berjudul Mashin Sentai Kiramager bertema kendaraan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x