siswa dalam menuntut ilmu. Di dalam kelas sering dijumpai siswa yang kurang semangat dalam belajar dan kurang tanggap terhadap apa yang disampaikan oleh guru. Siswa terkadang merasa bosan dengan model pembelajaran berbasis ceramah atau model pembelajaran lama, sehingga sebagai pendidik kita perlu mengadakan evaluasi diri dengan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Sekolah adalah tempat bagiPeningkatan kualitas pembelajaran di kelas bisa dilakukan dengan berbagai cara dan guru memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan minat belajar siswa, sehingga siswa merasa nyaman dan ilmu yang mereka peroleh pun akan mudah diterima.
Pada senin (18/07/2022), guru di SDN 138 Gegerkalong Girang kedatangan mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia, dengan kelompok kecil 3 yang beranggotakan 5 orang yaitu Naufal Ahmad Faishal, Haya Taira, Hasna Azhari, Putri Amelia, dan Lathifa Zahrah. Mahasiswa tersebut kebetulan mendapatkan tema KKN yaitu Pendidikan Sepanjang Hayat. Kegiatan yang dilaksanakan salah satunya yaitu Edukasi Peningkatan Kemampuan Membuat Kerajinan Tangan Untuk meningkatkan Kreativitas Siswa Sejak Dini.
Pematerian disampaikan oleh Naufal Ahmad Faishal mengenai peningkatan kemampuan membuat kerajinan tangan untuk meningkatkan kreativitas siswa SD yang sangat berpengaruh dalam dunia Pendidikan. Namun sebelum pematerian tersebut mahasiswa membuat power point untuk bahan ajar dengan beberapa pertanyaan seputar pengetahuan umum siswa tentang kerajinan tangan dan bagaimana penerapannya. Setelah itu mahasiswa memberikan, edukasi serta cara penggunaan media pembelajaran interaktif kepada siswa langsung disekolah menggunakan media PPT.
asil dari kegiatan tersebut sangat berpengaruh bagi siswa, dimana pemahaman mengenai kerajinan tangan untuk meningkatkan kreativitas siswa di Sekolah Dasar Negeri 138 Gegerkalong Girang, Sukasari, Indonesia. Keefektifan ini dipengaruhi oleh hasil yang di dapatkan dari tes yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan beberapa post test. Penggunaan media power point sebagai sumber pembelajaran interaktif menjadi salah satu solusi pembelajaran guru masa kini.
Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk menanamkan rasa ingin tahu siswa tentang kerajinan tangan di Sekolah Dasar 138 Gegerkalong Girang mengenai Edukasi Peningkatan Kemampuan Membuat Kerajinan Tangan Untuk meningkatkan Kreativitas Siswa Sejak Dini. Dengan diselesaikannya kegiatan ini diharapkan siswa lebih aktif belajar mengenai kerajinan tangan demi meningkatkan kreativitas siswa itu sendiri.
Dosen Pembimbing Lapangan : Rina Maryanti M.pd