Mohon tunggu...
Nathania Dea Angela
Nathania Dea Angela Mohon Tunggu... girl full of words

Don't sacrifice your dreams because life is too short

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

7 Keuntungan Kuliah Jurusan Public Relations di UKSW

26 November 2019   21:52 Diperbarui: 26 November 2019   22:05 34 0 0 Mohon Tunggu...
7 Keuntungan Kuliah Jurusan Public Relations di UKSW
dok. pribadi

Apa itu Public Relations? Public Relations adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu kedalam maupun keluar, antara satu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian (Public Relations, Frank Jefkins Revisi Daniel Yadin. 2002 hal 10). Jadi jurusan ini sangat mengandalkan komunikasi berkaitan dengan hubungan manusia antar pribadi maupun antar kelompok.

Jurusan hubungan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Public Relations(PR) ini sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak, kami dilatih lebih banyak praktik (terjun ke lapangan) ketimbang teori.

Jadi kami melihat, meneliti, dan mempelajari secara langsung fenomena-fenomena yang ada. Bertemu dengan banyak orang merupakan suatu energi positif bagi kami. Sehingga tugas yang sering disebut momok bagi sebagian orang, justru adalah semangat baru untuk kami. Bahkan bagi mahasiswa semester 1 seperti saya, dapat dikatakan bahwa dari 10 tugas, 8 diantaranya adalah terjun langsung ke lapangan. Menyenangkan bukan?

Program studi ini merupakan program studi S1 Public Relations pertama yang ada di Jawa Tengah dan satu-satunya di Jawa Tengah dengan akreditasi A(3194/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019). Program Studi S1 Public Relations ini berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Informasi, UKSW.

Berbasiskan pada teknologi informasi, program studi ini ingin menghasilkan seorang Public Relations professional dengan kemampuan untuk menggunakan dan mengaplikasikan Teknologi Informasi dalam dunia Public Relations.

Program Studi ini memberikan mahasiswanya dengan matakuliah Komunikasi, Pengantar dan Manajemen Public Relations, Jurnalistik, Iklan, Desain Grafis serta pengembangan diri sebagai satu usaha untuk menghasilkan seorang profesionalisme dan perencana dalam dunia Public Relations.

Selain kemampuan skill, lulusan dari program studi ini juga memiliki kemampuan konseptual, merancang, mengkritisi, mengevaluasi dan melakukan penelitian tentang hal-hal yang terkait dengan kegiatan Public Relations.

Karakteristik utama seorang PR tidak sebatas memiliki penampilan menarik tapi juga mampu memainkan peran. Hal tersebut diungkapkan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi Sapto Pribowo dalam talkshow bertajuk "What is the reality of Public Relation" di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga Kamis (31/1/2019).

"Kunci utama seorang PR adalah memahami apa yang disampaikan."

"Jangan ucapkan sekecil apapun kebohongan, sebab sebuah lembaga akan dipercaya masyarakat apabila PR-nya dapat dipercaya," terangnya.

Untuk mempelajari lebih lanjut, mari kita simak keuntungan kuliah jurusan PR di UKSW :

  • Mudah Bersosialisasi
    Dari penjelasan diatas sudah dapat dibayangkan bukan bahwa pekerjaan PR lebih banyak menghabiskan waktu untuk bertemu dengan orang lain daripada bekerja dibelakang komputer. Hal inilah yang membuat mahasiswa dapat dengan mudahnya bersosialisasi dengan orang lain.

  • Selalu Up-to-date
    Mahasiswa harus selalu mengikuti perkembangan jaman. Dari masalah penampilan, issue, berita, dan segala sesuatu yang terbaru. Hal ini bertujuan agar mahasiswa selalu "nyambung" jika berkomunikasi dengan orang lain. Seperti yang diketahui, mahasiwa jurusan public relations dapat membangun hubungan baik di masyarakat, apalagi di jaman yang serba digital ini. Jadi tidak ada alasan untuk ketinggalan berita-berita baru dan teraktual.

  • Selalu Tampil Kece
    Mahasiswa jurusan Public Relations sejak dini sudah dibiasakan untuk berpakaian layaknya orang bekerja kantoran. Pakaian bebas sopan, baju minimal kaos berkerah, dilarang memakai sandal. Apalagi bila mahasiswa sedang presentasi, tidak diijinkan menggunakan jeans.

    Bagi mahasiswa laki-laki harus menggunakan jas, dan bagi mahasiswa perempuan harus menggunakan high heels. Hal ini diwajibkan mulai semester 2 untuk membiasakan diri. Sehingga bila nanti lulus sudah siap dengan cara berpenampilan layaknya seorang public relations officer.

  • Dilatih Public Speaking
    Bagi mahasiswa public relations, public speaking bukan hal yang asing. Tapi untuk memulai public speaking, rasanya cukup menakutkan. Bertatapan langsung dengan banyak orang dalam satu waktu seringkali membuat demam panggung.
    Maka itu, program studi ini mengadakan pelatihan public speaking untuk kelancaran para mahasiswa agar semakin berkembang dalam mendalami skill ini.

  • Dilatih Table Manner
    Table manner adalah aturan etiket yang digunakan saat makan, serta mencakup penggunaan yang tepat dari peralatan makan. Tedapat beberapa aturan table manner yang umum dipelajari, antara lain mengetahui jenis jamuan makan, mengatur posisi duduk, mengetahui penggunaan peralatan makan dan susunan dalam penataan peralatan makan. Hal seperti ini perlu dilatih kepada mahasiswa jurusan public relations agar bila bekerja nantinya tidak canggung dan bingung karena sudah terbiasa.

  • Dilatih skill berbahasa internasional
    Jurusan public relations di UKSW juga mengedepankan skill berbahasa internasional guna mempersiapkan lulusannya agar mampu memasuki kancah persaingan internasional, maka program studi ini membekali mahasiswanya dengan kemampuan dwi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa mandarin / Jepang.

  • Dilatih Menulis Press Release
    Mahasiswa jurusan public relations pasti sudah tidak asing lagi dengan press release. Hal ini sangat penting karena pada dasarnya mahasiswa public relations akan berurusan dengan media.

Nah, setelah dibaca penjelasan serta 7 keuntungan jurusan PR UKSW diatas, sudah mantab kan memilih jurusan PR?

VIDEO PILIHAN