Apa itu Pasar Persaingan Monopolistik?
Pasar Persaingan monopolistik atau persaingan antar monopoli adalah jenis persaingan di mana ada sejumlah besar produsen yang bertindak di pasar tanpa ada kontrol dominan oleh salah satu dari mereka secara khusus. Banyak perusahaan menghasilkan produk yang serupa namun memiliki aspek yang berbeda.
Hal ini sangat sering terjadi di pasar produk yang biasanya ditemukan di supermarket, di mana terdapat produk dari berbagai merek, tetapi dengan karakteristik tertentu dan dalam setiap kelompok produk, karakteristik tersebut membuat mereka berbeda satu sama lain, tetapi cukup mirip untuk bersaing dengan yang lain. produsen dan satu sama lain.
Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolistik
Berikut beberapa karakteristik persaingan monopolistik.
- Jumlah besar perusahaan
Dalam jenis pasar tidak sempurna ini, beberapa perusahaan bersaing memperebutkan pangsa pasar tanpa ada satu perusahaan pun yang memonopoli pasar.
- Â Diferensiasi produk
Dalam persaingan monopolistik, setiap perusahaan memproduksi barang atau jasa yang merupakan pengganti yang dekat untuk barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan lain. Perusahaan kompetitif membedakan produk serupa mereka dengan strategi pemasaran yang berbeda, nama merek, dan tingkat kualitas yang sedikit berbeda. Diferensiasi produk memungkinkan perusahaan untuk memerintahkan harga yang lebih tinggi untuk kuantitas barang yang lebih rendah.
- Hambatan masuk yang rendah
 Dalam pasar monopolistik, perusahaan baru memiliki hambatan yang rendah untuk memasuki pasar. Peserta juga dapat keluar dari pasar dengan relatif mudah.
- Penetapan Harga
Perusahaan dalam persaingan monopolistik bertindak sebagai pembuat harga dan menetapkan harga barang dan jasa. Perusahaan dalam persaingan monopolistik dapat menaikkan atau menurunkan harga tanpa memicu perang harga, yang sering ditemukan dalam oligopoli.
- Elastisitas Permintaan
Permintaan sangat elastis dalam persaingan monopolistik dan sangat responsif terhadap perubahan harga. Konsumen akan berganti dari satu nama merek ke merek lain untuk barang-barang seperti deterjen hanya berdasarkan kenaikan harga.
Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik
- Minimnya hambatan bagi perusahaan baru untuk masuk ke industrinya.
- Beragam pilihan bagi konsumen.
- Perusahaan memiliki pengambilan keputusan untuk harga dan pemasaran.
- Kualitas produk yang konsisten untuk konsumen.