Mohon tunggu...
Natallie whihelmita
Natallie whihelmita Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Mengetahui dan mendalami

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

[Kreanova] Memanfaatkan Beras Merah untuk Dijadikan Ice Cream

29 November 2021   01:11 Diperbarui: 29 November 2021   01:44 128 12 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Beras merupakan salah satu padi-padian paling penting di dunia karena banyak Negara menerima beras untuk dikonsumsi. Terutama di Asia yang sebanyak 75% masukan kalori harian masyarakat berasal dari beras. Di Indonesia beras putih sangat banyak dikonsumsi dibandingkan beras merah. 

Hal tersebut diperkirakan bahwa tanaman padi merah jarang ditanam oleh petani, karena biaya pemeliharaan yang cukup mahal dibandingkan dengan beras putih. 

Selain itu, harga beras merah yang dipasarkan juga lebih tinggi, sehingga dari kalangan yang kurang mampu hanya memilih beras putih untuk dikonsumsi.

Meskipun pemeliharaan dan harga yang dipasarkan terbilang mahal, namun beras merah memiliki kandungan gizi yang terbilang lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Selain itu menghasilkan energi yang lebih besar. Beras merah dikatakan lebih sehat dibandingkan beras putih karena memiliki kandungan gizi berupa vitamin B1 dan zat besi tinggi. 

Selain itu, juga mengandung protein, asam lemak tidak jenuh, betasterol, camsterol, selenium, setigma sterol, isovlavones, sapoin, Zn, Fe, lavastin, dan meivolin-HMG-CoA. Selenium yang terdapat pada beras merah teruji berpotensi mencegah penyakit kanker dan penyakit degenerative.  

Beberapa penelitian sudah menujukan bahwa beras merah sangat baik untuk dikonsumsi. Berdasarkan artikel Kementrian pertanian repulblik Indonesia, di tahun 2018 pemerintah melakukan ekspor perdana 11 ton beras merah ke Oakland, Amerika. 

Hasil pemeriksaan fisik dan kelengkapan dokumen menunjukan bahwa beras merah yang hendak dikirim bebas dari organisme pengganggu tumbuhan (OPT), sehingga dapat diterbitkan Phytosanitary Certificate (PC) dan dapat diberangkatkan ke Amerika. Selain itu, juga didukung oleh kandungan gizi yang sehat dan lebih beragam daripada beras putih. 

Dari kondisi tersebut pemerintah semakin mendukung petani dalam membudidayakan padi merah. Sehingga dari tahun tersebut perlahan-lahan pembudidayaan padi merah mulai meningkat dari tahun sebelumnya hingga tahun 2021, dan akan meningkat terus sering berjalannya waktu serta kesadaran masyarakat akan manfaat mengonsumsi beras merah. Peluang tersebut bisa untuk dimanfaatkan dalam pengembangan usaha lokal seperti ice cream. 

Di Negara kita yaitu Indonesia merupakan Negara dengan jumlah konsumsi ice cream terbesar di Asia Tenggara sebesar 158 liter pertahun. Ice cream merupakan salah satu hidangan popular di kalangan anak-anak hingga remaja putri yang bahan utamanya terdiri dari lemak, susu, gula, penstabil, dan kuning telur.

Ice cream memiliki jenis yang beragam dengan rasa yang unik. Akan tetapi, beberapa pengusaha ice cream mengembangkan usahanya hanya memperhatikan rasa dan bentuknya yang unik. Nilai gizi dan kesehatan yang tidak diperhatikan menjadi faktor permasalahan untuk generasi muda terutama kondisi tubuh yang lemah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan