Mohon tunggu...
Nasya Thahira
Nasya Thahira Mohon Tunggu... Keperluan kuliah

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bantu Edukasi Masyarakat Guna Mencegah Penyebaran Covid-19

7 Juli 2020   17:08 Diperbarui: 7 Juli 2020   17:06 7 0 0 Mohon Tunggu...

JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA -- Telah dilaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di Kelurahan Jati, Pulogadung pada masa Pandemi COVID-19. Program yang dilaksanakan yaitu pengadaan ember sehat dan sabun untuk mencuci tangan beserta pembagian masker dan hand sanitizer ke warga RT 007 RW 01 yang disertai dengan edukasi secara online. 

Edukasi dilakukan secara online dikarenakan upaya semaksimal mungkin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang dimana lebih baik tetap stay at home dengan tujuan memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19. Program ini dilaksanakan pada tanggal 1 Mei -- 19 Juni 2020 oleh Nasya Thahira selaku mahasiswa kedokteran UNS.

Edukasi yang dilakukan dimulai dari ilmu dasar tentang istilah-istilah yang sering digunakan, fakta dan hoax yang beredar seputar COVID-19, hingga pemeriksaan untuk mendeteksi COVID-19. 

Selain itu juga, tetap mengingatkan masyarakat bagaimana mencuci tangan dengan benar menurut WHO, penggunaan hand sanitizer yang aman dan tidak membahayakan, penggunaan masker yang benar, dan tips-tips baru dalam berkegiatan di era new normal yang baru ditetapkan. 

Selain edukasi yang dilakukan, pengadaan ember sehat dan sabun cuci tangan di warung makan yang sering digunakan sebagai pangkalan ojek online diharapkan dapat mempermudah ojek online untuk tetap aman dari COVID-19 walaupun tetap bekerja sehari-hari seperti biasa. Dengan pembagian masker dan juga hand sanitizer, diharapkan dapat menunjang warga RT 007/01 Kelurahan Jati apabila perlu untuk berkegiatan di luar rumah.

VIDEO PILIHAN