Mohon tunggu...
Naoumi Fatya Ardini
Naoumi Fatya Ardini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Nasional

Ilmu komunikasi - 203516516193

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Interaksi pada Media Sosial Twitter melalui Pendekatan Filsafat Komunikasi

28 November 2022   15:50 Diperbarui: 28 November 2022   15:52 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Latar belakang 

Saat ini menjalin komunikasi antara individu di era modern yang bejarak ribuan kilometer bisa dengan aplikasi media sosial. Dengan media sosial kita dapat menerima dan membagikan berbagai informasi secara luas kepada publik. Salah satu media sosial yang ramai digunakan ialah Twitter. Media sosial yang masuk dalam peringkat lima besar berdasarkan intensitas penggunaan yang digunakan masyarakat Indonesia ialah Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram dan Twitter. Twitter adalah salah satu platform media sosial paling popular dengan lebih ari 300 juta pengguna aktif masuk setidaknya sebulan sekali, sementara banyak pengguna mengetahui dasar-dasar tentang Twitter seperti batas 280 untuk tweet.

Menurut Antony Mayfield (2008), Twitter merupakan salah satu jenis media sosial mocroblog. Microblogging adalah situs jejaring sosial yang dikombinasikan dengan ukuran jauh lebih kecil daripada blog. Dalam microblogging, konten berukuran kecil (updates) didistribusikan secara online melalui telepon seluler.

Meski telah berusia 12 tahun, Twitter tetap mampu menunjukkan eksistensinya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh We Are Social dan Hootsite, Twitter menduduki peringkat ketujuh pada kategori sosial media paling aktif pada tahun 2017 di Indonesia.

Berdasarkan derskripsi di atas maka menarik untuk menganalisis dan mengkasi hubungan interaksi media sosial Twitter melalui pendekatan filsafat komunikasi secara Aksiologi, Ontologi, dan Epistemologi. Dengan tujuan untuk mengetahui hubungan interaksi di media sosial Twitter melalui pendekatan filsafat komunikasi dalam dunia nyata.

Pembahasan 

Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanyaa dapat dengan mudah berpartisipasi. Semua dapat dilakukan dengan cepat dan tak terbatas. Media sosial menurut Kaplan dan Haelein dalam Abbas mendefinisikan bahwa media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi menggunakan basis internet dan teknologi we.2.0 yang memungkinkan pertukaran dan penciptaan user-generated content.

Twitter

Twitter adalag situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc  yang dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey. Twitter berbasis di San Brunomor, California dekat San Francisco, dimana situs ini pertama kali dibuat. Microblogging atau Twitter  menjadi salah satu media popular yang banyak digunakan pengguna media sosial di Indonesia. Twitter adalah situs yang menyediakan layamam online microblogging yang memungkinkan pengguna membagikan konten yang saat ini sudah dapat memuat 280 karakter tulisan. Menurut Zarela dalam Setyani, Twitter merupakan salah satu jejaring sosial yang paling mudah digunakan, karena hanya memerlukan waktu yang sangat singkat tetapi informasi yang disampaikan dapat langsung menyebar secara luas.

Hubungan Interaksi Media Sosial Twitter denga Pendekatan Filsafat Komunikasi

Filsafat komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman (versthen) secara fundamental, metodologis, sistematis, analisis, kritis, dan holistis teori serta proses komunikasi yang meliputi segala dimensi menurut bidangnya, sifatnya, tatannya, tujuannya, fungsinya, teknik, dan perannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun