Mohon tunggu...
Andesna Nanda
Andesna Nanda Mohon Tunggu... Konsultan - You Are What You Read

Suka menulis dan membaca. Menyelesaikan S3 di Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Tidak Semua Orang Mampu Menjadi Inovator!

2 Oktober 2022   14:40 Diperbarui: 3 Oktober 2022   06:08 398 18 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi inovator. Sumber: pexels.com/Start Up Stock Photos

Inovasi, satu kata yang seksi dan sering diucapkan dalam berbagai macam konteks. Kuncinya adalah bagaimana kata ini mempunyai "dampak" terhadap masa depan.

Beberapa hari yang lalu sebelum tulisan ini dibuat, saya membaca berita bahwa Elon Musk dengan Tesla-nya berhasil menciptakan Optimus, sebuah Humanoid Robot. Saya tercengang karena ternyata ide-ide yang sebelumnya hanya bisa kita temukan di film Hollywood ternyata sudah di depan mata.

Banyak orang mampu mengucapkan, menuliskan, bahkan melontarkan kata ini dalam banyak objek dan kemudian memberikan label terhadap diri sendiri sebagai “innovator.”

Namun, dalam perjalanan karier profesional saya banyak menemui bahwa kata inovasi ini sering dimaknai terlalu sempit atau bahkan tidak tepat.

Ketika seseorang mampu mengeluarkan ide yang tidak biasa kemudian sepertinya terlihat berbeda, maka mendadak label inovasi dan atau innovator ini meluncur begitu saja.

Padahal, dalam perspektif yang lebih luas, inovasi dan innovator ini harusnya dilihat dalam spektrum yang lebih tajam.

Untuk memulainya, kita coba lihat dari definisi inovasi itu sendiri yaitu membarui produk atau jasa dengan menerapkan proses baru, memperkenalkan teknik baru, atau membangun ide-ide sukses untuk menciptakan nilai baru.

Persona yang mampu melakukan inovasi kerap disebut dengan inovator, atau orang yang mampu melakukan eksekusi terhadap ide-ide pembaruan tersebut dengan presisi dengan visi atau strategi entitas bisnis.

Photo by Matt Ridley on Unsplash   
Photo by Matt Ridley on Unsplash   

Kata kunci yang sering diabaikan adalah penerapan dan suksesnya ide-ide besar tersebut. Jadi, bukan hanya pengucapan di bibir namun eksekusinya tidak jalan atau seandainya berjalan bukan perubahan positif yang diperoleh alih-alih dampak negatif yang muncul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan