Pernah bermain LEGO? LEGO merupakan salah satu merk permainan buatan Denmark yang hingga saat ini menjadi permainan favorit dan populer di kalangan anak-anak, bahkan orang dewasa. Tentunya termasuk saya.
LEGO adalah permainan untuk hiburan dan sekaligus pendidikan. Membangun sesuatu dengan LEGO membantu anak-anak mengembangkan kreativitas mereka, meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, menjadi lebih tangguh, dan meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi mereka.
Namun tahukah kamu bahwa LEGO tidak hanya sekedar permainan balok susun yang menyenangkan bagi anak-anak.
Jika kita mau melihat sedikit lebih mendalam, LEGO juga memiliki segudang filosofi bisnis yang dapat kita pelajari dalam mengembangkan pola pikir kreatif suatu organisasi.
Dari 2008 hingga 2010, keuntungan LEGO meningkat empat kali lipat, melampaui Apple. Pada 2015, LEGO menyalip Ferrari untuk menjadi merek paling kuat di dunia dengan keuntungan 660 juta euro, menjadikannya perusahaan mainan nomor satu di Eropa dan Asia, dan nomor tiga di Amerika Utara, di mana penjualan mencapai 1 miliar dolar untuk pertama kalinya.
Dengan kreativitas, LEGO berhasil berkembang dan melihat masa depan industri mainan bukan lagi hanya sekedar permainan.
Dari cerita ini kita bisa menyimpulkan bahwa LEGO memiliki kemampuan luar biasa untuk membangun kreativitas perusahaan dan menghadapi samudra merah yang sangat sulit.
Satu hal yang membuat mereka sukses selama 10 tahun terakhir adalah kemampuan kreatif LEGO untuk menciptakan entitas bisnis baru, seperti film, acara-acara televisi yang luar biasa sukses, sampai dengan taman bermain LEGOLAND di beberapa negara.
Alasan Kreativitas Penting Bagi Perusahaan
Sebagian besar keberhasilan LEGO ini disebabkan oleh strategi bisnis LEGO, yang sangat kreatif dan menekankan pada pengetahuan tentang basis utama konsumen mereka, yaitu anak-anak.
Dengan tetap setia pada kreativitas yang mampu membangun merek yang didirikannya sejak awal dan menggabungkannya dengan strategi pemasaran modern, LEGO telah berhasil menjadi yang terdepan dalam persaingan.