Mohon tunggu...
Andesna Nanda
Andesna Nanda Mohon Tunggu... Konsultan - You Are What You Read

Pengamat Manajemen Strategis dan Perilaku Konsumen

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Mengapa Kemampuan Berpikir Logis Itu Penting?

12 Juni 2021   13:35 Diperbarui: 13 Juni 2021   02:37 1235 34 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Kemampuan Berpikir Logis Itu Penting?
Berpikir Logis | Foto oleh Alex Green dari Pexels

Pernahkah kamu melakukan tes riset pasar untuk mengukur reaksi konsumen terhadap produk baru sebelum merancang strategi penjualan?

Atau memutuskan siapa yang akan ditunjuk sebagai pemimpin tim setelah membandingkan hasil kinerja masa lalu dan masa kini dari kandidat pemimpin?

Contoh lain misalnya, menghitung harga di minimarket, hanya untuk memeriksa apakah kamu bisa mendapatkan semua yang kita butuhkan dengan harga yang lebih rendah, atau ketika mencoba untuk memenuhi semua pekerjaan kita dalam satu hari, otak kita berputar untuk menemukan solusi yang sempurna. Pernah?

Jika pernah, selamat! Kamu berarti pernah setidaknya mencoba berpikir logis dalam aktivitas sehari-hari kamu.

Tapi kenapa kamu masih suka terjebak dalam bias dan sesat pikir? Padahal kita menganggap diri kita sebagai pemikir logis, tetapi ketika saatnya tiba untuk menunjukkan pemikiran logis itu, itu tidak terlihat.

Di saat-saat kita harus menunjukkan kemampuan kita berpikir logis ternyata kita malah berpikir bias. 

Lantas apa yang salah? 

Permasalahan yang sering terjadi adalah kita merasa paham di awal namun dalam pelaksanaannya kita terjebak dalam bias pemikiran dan sesat pikir.

Hal itu akhirnya akan membuat kita tiba dalam satu titik kesimpulan yang tidak tepat dalam menyelesaikan satu fenomena permasalahan.

Bukan karena kita tidak cerdas. Kita hanya tidak dapat mengakses kemampuan untuk berpikir logis pada saat itu. Butuh cara-cara untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis kita. 

Untuk itu mari kita urai satu persatu benang merah ini sehingga kita dapat dengan logis mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir secara logis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN