Mohon tunggu...
Nanda Nuriyana SSiTMKM
Nanda Nuriyana SSiTMKM Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Praktisi dan Akademisi

BERTUGAS DI RUMAH SAKIT dr FAUZIAH BIREUEN BAGIAN KONSELOR HIV AIDS

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Hobby Pegiat Literasi Memanen Cuan

22 September 2022   20:45 Diperbarui: 22 September 2022   21:07 157 19 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Penulis coming back to kompasiana, merindui sapaan sesama kompasianer. Entah dimananya ada sensasi hilang secara naluri dan emosi jiwa. Bagaimana rasanya menjadi penulis novel long story, bab per bab sampai beratus bab jadinya. Diantara novel itu berjudul The lonely wife, The loser of love, Catatan dodol Mar Betty, Mertua julid dan tujuh ipar.

Sebenarnya penulis hanya ingin membagikan cerita tentang pengalaman pribadi sebagai pemula (newbie) di platform berbayar. Cita-cita menggapai impian menjadi nyata walaupun belum best seller. 

Apakah pembaca pernah merasakan saat-saat merosot di bagian keuangan, kehilangan pekerjaan? sementara kepepet di bidang finansial untuk kebutuhan pokok, sekolah anak dan lain-lain.  Beberapa hal di bawah ini menjadi alasan seseorang terus mengeluarkan jurus-jurus sakti lagi mandraguna, menemukan solusi menjadi sosok super keren?

Hehe ... Sebelum bercerita Auto pingin menghela napas panjang dulu.

Disini, Penulis mempunyai komitmen berkarya merupakan kebermanfaatan sebuah tulisan sebagai faedah utama. Faktor pendukung aktualisasi diri, royalti dan hasrat menulis mewakili ekspresi jiwa dan talenta, dalam bentuk rangkaian kata pengikat makna.  

Beginikah kisah pemula, ketika curcol dengan sesembak, justru kesempatan mendapatkan nomor watshap editor untuk pengajuan sinopsis. Draft naskah tersebut penulis kirimkan ke email tertuju sampai batas waktu tertentu. Antrian kurasi menunggu konfirmasi lanjutan layak diterima atau ditolak. 

Pada hakikatnya, andalan sinopsis yang menarik pangsa pasar tentunya akan mempercepat sebuah naskah dilirik oleh editor. Sedangkan jumlah kata sampai tamat bisa bervariasi mencapai estimasi 150k atau lebih. Artinya seorang penulis ketika dikontrak ekslusif akan mendapat bonus signed, bonus daily, bonus tamat sesuai ketentuan sebuah platform. 

Dengan benefit tersebut, pencapaian penulis berkisar 200$ potong paypal 3$ menjadi 147$ perbulan. Bagaimana jika novelnya melejit? Oh jangan ditanya berapa pundi-pundi yang akan diraupnya. Jumlah kata pun berbeda-beda di sejumlah platform, ada yang cukup 2k kata atau 3k kata perhari, tentunya demi cuan penulis akan mengejar deadline yang berlaku.

Pejuang cuan sukses dengan disiplin, tepat dan tidak menyalahi aturan main. Ada platform yang langsung mencairkan dolar ke rekening tanpa harus menarik via paypal atau payoner. 

Benefit juga berbeda-beda tergantung kesepakatan awal.  Enaknya bagi pemula jika menerima kontrak jenis ekslusif tanpa berpatokan adanya pembaca atau tidak, penulis tetap mendapat gajian bulanan asal memenuhi jumlah kata dan absensi. Hal ini sangat menguntungkan newbie yang kesulitan mendapatkan viewer-nya 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan