Mohon tunggu...
Nana Marcecilia
Nana Marcecilia Mohon Tunggu... Menikmati berjalannya waktu

Mengekspresikan hati dan pikiran melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Mau Pendapatan Ekstra, Harus Siap Menghadapi Konsekuensinya

1 April 2021   13:50 Diperbarui: 2 April 2021   03:43 279 32 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Pendapatan Ekstra, Harus Siap Menghadapi Konsekuensinya
Ilustrasi pekerja.| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

"Mulai saja dulu", salah satu slogan market place yang tertera dalam iklan sosial media ataupun billboard yang bisa kita lihat saat dalam perjalanan.

Dengan kebutuhan konsumsi yang semakin meningkat, diiringi dengan harga-harga yang turut meningkat, membuat kita mau tidak mau melirik pekerjaan sampingan untuk mendapatkan pendapatan ekstra. 

Tawaran untuk mendapatkan pekerjaan freelance dan kesempatan membuka online store pun sangat terbuka lebar. Menjadi YouTuber ataupun selebgram pun bukanlah hal yang mustahil, semua bisa dilakukan. Pendapatan ekstra pun bisa kita dapatkan dan tidak menutup kemungkinan kita bisa saja mendulang kesuksesan seperti orang lain. 

Mulai saja dulu menjadi slogan yang menyemangati kita supaya tidak banyak ragu dalam mengambil keputusan. Kapan kita bisa suksesnya kalau kebanyakan mikir, ya tidak?

Walau begitu, berdasarkan pengalaman pribadi, ada konsekuensi yang mesti kita pikirkan terlebih dahulu sebelum memulainya. Hal ini mencegah kita merasa menyesal belakangan ataupun terkaget-kaget saat menjalani dua pekerjaan sekaligus. 

# Pekerjaan utama bisa jadi terbengkalai

Bagi kita yang terbiasa fokus pada satu pekerjaan, tidak menutup kemungkinan ketika memiliki pekerjaan sampingan, kita akan sulit mengatur waktu pada awalnya. 

Bisa jadi karena faktor, ternyata pendapatan yang didapat dari pekerjaan sampingan lebih menggiurkan atau bisa juga bidang yang kita tekuni malah sesuai dengan passion

Ketika pendapatan pekerjaan sampingan lebih menggiurkan, namun masih belum stabil, tentu membuat kita agak sulit melepaskan pekerjaan utama, dimana pendapatan yang diterima lebih stabil.

Hal inilah yang mesti kita pikirkan sebelum mengambi]l pekerjaan sampingan. Bisakah kita menjalaninya tanpa mengganggu konsentrasi pada pekerjaan utama?

# Sulit mendulang kesuksesan secara bersamaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x