Mohon tunggu...
Nadia Zahira
Nadia Zahira Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - hai

cewek

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

18 September 2021   11:40 Diperbarui: 18 September 2021   11:59 49 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips Menjaga Kesehatan Telinga
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Telinga merupakan salah satu indera terpenting yang berfungsi sebagai alat pendengaran,jika telinga rusak maka seseorang akan kehilangan pendengaran selamanya.Maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan dan membersihkan telinga agar dapat terhindar dari segala kemingkinan yang buruk.Berikut beberapa tips menjaga kesehatan telinga:

1. Jangan membersihkan telinga dengan cotton bud.

Ada yang beranggapan membersihkan dengan cotton bud adalah cara yang benar untuk merawat kebersihan telinga.Namun cara ini adalah cara yang salah untuk membersihkan telinga,karena justru beresiko untuk mendorong kotoran telinga semakin masuk kedalam.Selain itu memasukkan sesuatu ke dalam rongga telinga akan beresiko merusak organ sensitif dalam telinga,seperti gendang telinga.

2. Hindari telinga dari suara keras.

Untuk menjaga kesehatan telinga,hindari telinga dari suara keras dalam jangka panjang.Karena,jika terlalu lama di lingkungan yang terlalu berisik bisa memengaruhi pendengaran,termasuk membuat pendengaran berkurang hingga menjadi tuli.Jika berada di lingkungan yang berisik sebaiknya dianjurkan untuk menggunakan pelindung telinga.

3. Jaga telinga agar tetap kering.

Kelembapan pada telinga yang berlebih bisa menyebabkan masuknya bakteri kedalam saluran telinga,situasi ini secara tidak sadar dapat memicu infeksi dan iritasi pada telinga.Maka dari itu selalu jaga telinga agar tetap dalam kondisi kering.

4. Hindari penggunaan Earphone.

Penggunaa earphone bisa menyebabkan gangguan pada telinga.Agar tetap aman,ada baiknya menggunakan earphone tidak lebih dari 1 jam.

5. Rutin periksa ke dokter.

Semakin tua umur seseorang,semakin rentan ia terhadap gangguan pendengaran.Kita perlu melakukan tes awal pendengaran guna mengukur dan mengambil tindakan setiap ada gangguan pendengaran.pemeriksaan telinga juga dilakukan untuk memeriksa dan memastikan tidak ada penumpukan kotoran didalam telinga.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan