Mohon tunggu...
Namirah Rahmah
Namirah Rahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

hobi mendengarkan musik ketika mengerjakan tugas

Selanjutnya

Tutup

Seni

Sayangi Bumi, Daur Ulang Botol Bekas Menjadi Kotak Pensil Dengan Tutorial Video Animasi

21 September 2022   13:32 Diperbarui: 21 September 2022   13:33 59 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Lawang, 19 September 2022 : Kegiatan PMM kelompok 1 gelombang 8 UMM yang dilaksanakan di Desa Sumber Suko tepatnya di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang memiliki banyak proker, salah satunya daur ulang botol bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di TPQ Tolabul Ilmi. Selain membantu mendampingi kegiatan spiritual, para mahasiswa juga melatih anak-anak disana supaya bisa memanfaatkan barang barang bekas menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan. Seperti yang kita ketahui saat ini, untuk mengatasi sampah anorganik seperti plastik memang butuh waktu lama dan rumit. Solusi yang pas adalah mengelola sampah plastik dengan cara mendaur ulang (recycle) atau memanfaatkannya kembali (reuse) dimulai dari rumah. Botol bekas merupakan salah satu contoh sampah anorganik atau sampah plastik yang paling sering dan paling banyak kita temui di lingkungan sekitar kita. Botol bekas sebenarnya dapat didaur ulang sebagai menjadi barang yang lebih bermanfaat, salah satunya adalah sebagai kotak pensil. Barang barang yang dibutuhkan untuk membuatnya pun sangat sederhana dan mudah didapat. Hanya diperlukan beberapa botol bekas, kain flanel, gunting, lem, serta beberapa hiasan untuk mempercantik tampilan.

Untuk menunjang kegiatan tersebut, mahasiswa menyiapkan tutorial atau langkah langkah pembuatan kotak pensil melalui video animasi. Hal ini bertujuan agar anak anak tidak jenuh dan lebih senang saat membuat kotak pensil tersebut. Lewat kegiatan ini, secara tidak langsung kita sudah berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan melalui hal hal kecil. Daripada membuang dan menyebabkan pencemaran lingkungan, sampah atau barang bekas bisa kita olah dengan ketrampilan kita menjadi kreasi barang baru yang lebih bermanfaat serta memiliki nilai guna. Kegiatan ini juga mengajarkan anak-anak tentang penggunaan teknologi komputer yang dapat bermanfaat di berbagai kondisi (pembuatan video animasi menggunakan “canva”).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan