Mohon tunggu...
Nalinda Esti Gutari
Nalinda Esti Gutari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo! Saya Nalinda Esti Gutari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Media dan Perangkat Pembelajaran Sekaligus Penutupan Mahasiswa PMM UMM kepada SDN 02 Girimoyo

20 September 2022   11:08 Diperbarui: 20 September 2022   11:14 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Implementasi Media Pembelajaran salah satu guru SDN 02 Girimoyo. Dokpri

Pada tanggal 12 September 2022, Mahasiswa UMM melaksanakan PMM Mitra Dosen di SDN 2 Girimoyo dengan judul implementasi media pembelajaran berbasis digital serta penutupan acara PMM Mitra Dosen. 

Yang pertama adalah implementasi media pembelajaran berbasis digital menggunakan aplikasi powtoon. Pada kegiatan ini guru menyampaikan materi yang berjudul "Penerapan Pancasila di Kehidupan Sehari-hari" dengan menggunakan aplikasi powtoon dalam bentuk animasi video. 

Ketika materi disampaikan murid kelas 4 SDN 2 Girimoyo sangat tertarik dengan materi yang diajarkan dan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. 

Implementasi perangkat pembelajaran salah satu guru SDN 02 Girimoyo. Dokpri
Implementasi perangkat pembelajaran salah satu guru SDN 02 Girimoyo. Dokpri
Yang kedua adalah implementasi media pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan aplikasi canva. Guru menyampaikan materi "Doa Akhir Pembelajaran" yang sudah dikemas dalam aplikasi canva. Pada saat pengimplementasian media pembelajaran ini sangat menarik antusias para siswa karena media yang digunakan menarik. 

Selain itu dalam aplikasi canva menyajikan gambar-gambar yang terkesan lucu sehingga anak SD suka ketika melihatnya. Tidak hanya itu, justru dengan penyampaian materi menggunakan media pembelajaran berbasis digital memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Penutupan sekaligus pemberian cinderamata oleh Dosen UMM kepada perwakilan guru SDN 02 Girimoyo. Dokpri
Penutupan sekaligus pemberian cinderamata oleh Dosen UMM kepada perwakilan guru SDN 02 Girimoyo. Dokpri
Yang terakhir adalah penutupan, pemberian cindera mata sekaligus berpamitan akan selesainya kegiatan PMM Mitra Dosen. Dikarenakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM sudah selesai tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada SDN 2 Girimoyo atas kesempatan yang telah diberikan untuk mahasiswa UMM melakukan kegiatan PMM Mitra Dosen serta partisipasi atas kegiatan tersebut. 

Agar kegiatan PMM Mitra Dosen ini ada kesan dan kesan terutama untuk SDN 2 Girimoyo, mahasiswa UMM beserta dengan dosen pembimbing PMM Mitra Dosen memberikan cindera mata sebegai bentuk kenang-kenangan. Setelah itu mahasiswa UMM dan dosen pembimbing PMM Mitra Dosen berpamitan kepada pihak SDN 2 Girimoyo sebagai tanda berakhirnya kegiatan PMM Mitra Dosen ini.

Semoga semua bentuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM dan dosen pembimbing PMM Mitra Dosen di SDN 2 Girimoyo bermanfaat untuk penerapan kegiatan belajar mengajar kedepannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun