Peran Konten Berkualitas dalam SEO sangat penting untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari.
 Konten berkualitas adalah konten yang isinya harus bisa dibaca dan dipahami dengan mudah oleh pembaca, sekaligus bisa dimengerti dengan baik oleh mesin pencari.Â
Konten yang berkualitas itu harus dibuat dengan sungguh-sungguh agar konten bisa melibatkan, menginformasikan, mendukung, dan menyenangkan audiens.
Contoh Peran Konten Berkualitas Dalam SEO
Berikut adalah penjelasan mengenai peran konten yang berkualitas pada seo, hal tersebut juga bisa anda jadikan sebagai ide bisnis membuka jasa penulisan artikel seo contohnya, simak selengkapnya :
1. Meningkatkan Tingkat Penggunaan Kata Kunci
Kata kunci adalah inti dari SEO. Konten yang berkualitas dapat meningkatkan penggunaan kata kunci pada website Anda sehingga website Anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.
Riset keyword atau biasa di sebut sebagai kata kunci merupakan faktor penting saat melakukan pembuatan artikel. Teknik melakukan riset kata kunci atau riset keyword ini dapat dilakukan dengan menggunakan Google Suggest untuk menemukan keyword yang relevan.
Anda dapat  menggunakan Ubersuggest agar  membantu penulis untuk dapat inspirasi ide keyword yang baru. Bukan hanya itu, fungsi yang di dapat juga berguna agar mengetahui berapa banyak orang yang telah mencari keyword itu di tiap bulannya.
2. Mendapatkan Backlink Berkualitas
Backlink atau tautan masuk yang berasal dari website lain menjadi salah satu faktor peringkat SEO. Konten yang berkualitas dapat membantu Anda mendapatkan backlink berkualitas dari website lain.
3. Meningkatkan Waktu Tinggal Pengunjung
 Waktu tinggal pengunjung di website Anda juga merupakan faktor penting dalam SEO. Konten yang berkualitas dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di website Anda sehingga waktu tinggal pengunjung di website Anda semakin lama.
4. Menarik Perhatian Pembaca
Konten yang berkualitas akan menarik perhatian pembaca. Konten yang unik dan berbeda dari seluruh web yang ada di dunia akan membuat pembaca tertarik untuk membaca konten Anda.
5. Meningkatkan Keterlibatan dengan Audien
Konten yang memiliki kualitas bagus dan relevan pada audience  tentu dapat membantu meningkatkan keterlibatannya pada, audience. Konten merupakan salah satu kunci dalam membangun merek bisnis dan dapat melakukan menjalin hubungan yang kuat antar brand dengan para konsumennya.
Untuk membuat konten berkualitas, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi
1. Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas
Sebelum membuat konten, utamakan kualitas daripada kuantitas. Membuat konten sedikit namun berkualitas akan lebih baik daripada membuat konten banyak namun tidak bermanfaat bagi audiens.
2. Melakukan Riset Audiens dan Kata Kunci yang Relevan
Melakukan riset audiens dan kata kunci yang relevan  penting untuk  konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens dan mudah ditemukan oleh mesin pencari.
3. Relevansi Antara Konten dan hubungannya pada Kata Kunci juga kebutuhan
Pastikan konten yang dibuat relevan dengan kata kunci dan kebutuhan audiens agar mudah ditemukan oleh mesin pencari dan bermanfaat bagi audiens.
4. Tips Menggunakan Keyword dalam Konten
Gunakan kata kunci secara natural dalam konten agar tidak terkesan dipaksakan.
Ada beberapa frasa yang memiliki ejaan yang sama tetapi maknanya berbeda, seperti bisa (mampu) dan bisa (racun). Jadi, Google menerapkan LSI (Latent Semantic Index) untuk mendeteksi kata-kata yang berhubungan dengan topik utama.
5. Konten segar, baru dan terupdate
Membuat konten baru, segar dan terupdate agar sesuai dengan perkembangan terkini dan kebutuhan audiens.
Apalagi saat menambahkan gambar pada suatu konten, terkadang hadirnya gambar yang menarik hanya dilihat sebagai cara untuk memperhalus konten, padahal manfaatnya  besar. Menggunakan gambar sebagai ilustrasi tambahan  dapat membantu pesan menjangkau pembaca dengan lebih mudah.
 Pastikan untuk menggunakan gambar yang relevan berdasarkan topik pembahasan, lalu masukkan teks alternatif ke dalam gambar.
6. Masukkan tautan yang relevan
Agar pengunjung betah membaca konten Anda. Caranya adalah dengan menghubungkan sebuah artikel dengan artikel Anda yang lain.
Sisipkan link artikel lain ke dalam artikel sasaran namun pastikan konteks kalimatnya masih relevan dengan link tersebut. Dengan cara ini, akan mendorong pengunjung untuk mengklik artikel Anda yang lain
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H