Mohon tunggu...
Najwa Nurluthfia Fatehah
Najwa Nurluthfia Fatehah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki hobi menulis serta menggambar

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

ESBN sebagai Alternatif ISBN

4 Januari 2024   12:50 Diperbarui: 4 Januari 2024   12:59 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Educational Serial Book Number (Sumber : https://virtualeduacademy.com/esbn-vea/)

Dalam era digital saat ini, penggunaan ISBN (International Standard Book Number) telah menjadi standar internasional untuk mengidentifikasi buku dan publikasi lainnya. Namun, saat ini Indonesia sedang dilanda krisis ISBN atau mencapai batas maksimum pengeluaran ISBN. Para penerbit kecil dan independen merasa sulit untuk mendapatkan ISBN, sehingga banyak sekali buku-buku yang terpinggirkan dalam pengajuan ISBN.

Dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan akan fleksibilitas yang lebih besar, muncul konsep ESBN (Educational Serial Book Number) sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan baru dalam dunia penerbitan.

Apa Itu ESBN?

ESBN adalah sebuah sistem identifikasi yang memungkinkan untuk penerbitan dan distribusi konten digital dengan cara yang lebih efisien dan ramah untuk penerbit kecil. Sistem penomoran buku pendidikan yang unik, ESBN menawarkan cara yang mudah dan standar untuk mengidentifikasi dan melacak buku di seluruh dunia. Formatnya yang mudah digunakan membuatnya mudah digunakan dan diintegrasikan ke dalam proses pengelolaan buku Anda yang sudah ada. Apakah Anda sebuah lembaga pendidikan besar atau penerbit kecil, ESBN dapat membantu Anda mengelola inventaris buku Anda dengan lebih efisien, mengurangi kesalahan, dan secara keseluruhan meningkatkan kualitas materi pendidikan.

Penomoran ESBN didasarkan pada hasil program Konsorsium Proyek ESAA Uni Eropa tahun 2021 berdasarkan kontrak ESAA Project ID2021048 EU dengan kesepakatan beberapa organisasi di Indonesia dan internasional. Penomoran ESBN ini diprakarsai oleh Rahmat Putra Yudha, M.Ed TESOL selaku pendiri Akademi Pendidikan Virtual dan Presiden Asosiasi Literasi Indonesia serta Wakil Presiden Oceans-Network EU 2022-2023.

Kelebihan ESBN

  1. Integrasi dan Kolaborasi Efektif, dimana pastinya akan sangat memudahkan bagi penerbit, pendidik, dan siswa untuk bekerja sama dan berbagi materi. Anda dapat berkontribusi untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses terhadap informasi dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk sukses dengan menggunakan ESBN untuk menemukan dan melacak buku-buku instruksional.

  2. Ampuh untuk Penulis dan Penerbit. Penerbit dapat meningkatkan prosedur pengelolaan buku mereka, mengurangi kesalahan, dan menjamin bahwa buku mereka mudah diidentifikasi dan tersedia bagi pendidik dan siswa di seluruh dunia dengan memanfaatkan ESBN untuk melacak dan mengidentifikasi publikasi mereka.

  3. Bagi para pendidik, ESBN merupakan alat bantu yang efektif, ESBN memberikan dukungan efektif bagi pendidik. Selain menghemat biaya, ESBN membantu menyederhanakan pengelolaan buku, baik bagi administrator sekolah, guru, atau pustakawan. Ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih produktif dan sukses.

  4. Realtime Validation Checker, keberadaan Sistem Pemeriksa ESBN memastikan bahwa buku-buku dapat diverifikasi secara waktu nyata, memberikan keandalan dan validitas informasi yang lebih baik.

  5. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Book Selengkapnya
    Lihat Book Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun