Mohon tunggu...
Najwa QurrotaAyun
Najwa QurrotaAyun Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Agak ambis dikit

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kenapa Negara Dibela?

2 November 2023   03:47 Diperbarui: 2 November 2023   03:47 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bela negara dan pertahanan nasional

Hey hey hey, apakabar readers aku, trimakasih sudah menjadi pembaca di lapak tulisanku. Walau aku ga pandai menulis dan merangkai kata, but I do this dengan penuh kemaksimalan, berharap bisa memnuhi tugas-tugasku sebagai pelajar yang mendapatkan tugas bertubi-tubi, heheehe. Di essay kali ini kita beralih tema ke pembahasan bela negara dan pertahanan nasional. Simak penjelasan diparagraf setelah pembukaan ini. Selamat membaca.

Telah kita ketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia yang tentunya memiliki banyak tantangan dan ancaman yang berpotensi merusak kedaulatan negara yang telah diperjuangkan tumpa darah oleh para pehlawan terdahulu. Mengingan ancaman dan tantangan itu perlahar menghancurkan negara, adanya bela negara ini bisa menjadi penopang bagi masyarakat untu berpartisipasi langsung dalam menjaga kemerdekaan negara kita. Setelah ini akan kita bahas mengenai konsep bela negara, pentingnya bela negara dan pertahanan nasional serta mengapa negara kita harus dibela sampai upaya apasaja yang telah dilakukan negara kita dalam menjaga kedaulatannya.

Mengenal apa itu bela negara? Bela negara merupakan suatu hal yang dilakukan untuk menjaga kemanan serta kedaulatan negara Indonesia. Bela negara sendiri memberitahu bahwa setiap dari kita yang menjadi masyarakat Indonesia memiliki kewajiban untuk melindungi dan mempertahankan negara kita sendiri. Tentunya, konsep ini sangat berkaitan dengan nasionalime dan patriotism, masyarakat harus selalu memiliki kekuatan mental dan fisik dalam membela negara serta berperan aktif dalam pertahanan negara Indonesia.

Berikutnya mengenai konsep pertahanan nasional dimana hal ini merupakan as[ek lebih teknis dalam menjalankan konsep bela negara. Pertahanan nasional meliputi upaya pemerintah, militerdan masyarakat untuk melakukan bela negara, melindungi negara dari ancaman internal ataupun eksternal.Pertahanan nasional meliputi tiga jenis pertahanan yaitu pertahanan sipil, pertahanan wilayah dan keamanan nasional.

Sebagai negara yang kaya akan perbedaan, yang memiliki berbagai pulau membuat penguatan bahwa  bela negara dan pertahanan social sangat dibutuhkan dan diperlukan untuk melawan ancaman runtuhnya negara kita, entah ancaman bersifat militer ataupun non-militer. Ancaman-ancaman yang sudah kita ketahui adalah konflik bersenjata, terorisme, bencana alam atau juga tantangan ekonomi.

Indonesia memiliki beberapa penjelasan atau undang-undang yang mengatur bela negara dan pertahanan nasional. Hal ini tercantum dalam undang-undang nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara, dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa semua warga negara Indonesia wajib berperan aktif dalam pertahanan negara, sesuai dengan kemampuan dan perannya masing masing. Upaya untuk memperkuat pertahanan nasional termasuk modernisasi alat-alat pertahanan, pelatihan dan peningkatan kemampuan personel, serta perluasan kerjasama pertahanan internasional.

Kewajiban bela negara dan pertahanan nasional ini diperuntukkan untuk semua masyarakat termasuk masyarakat sipil tidak hanya militer, polisi dan pemerintah saja. Pemerintah mendorong partisipasi masyarakat dalam program-program pertahanan sipil. Selain itu, masyarakat juga memiliki peran dalam memberikan informasi penting kepada pihak berwenang jika mereka mencurigai kegiatan yang dapat membahayakan keamanan negara.

Indonesia juga memperkuat kerjasama pertahanan internasional. Ini mencakup keterlibatan dalam berbagai organisasi regional, seperti ASEAN (Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara) dan ADMM (ASEAN Defense Ministers Meeting), yang memungkinkan Indonesia untuk berkoordinasi dengan negara-negara tetangga dalam menjaga keamanan regional. Salain itu, Indonesia juga menjalin hubungan bikateral dengan negara-negara lain dalam rangka kerjasama pertahanan.

Namun, upaya untuk memperkuat bela negara dan pertahanan nasional tidak selalu berjalan dengan mulus.tantangan seperti korupsi, kurangnya anggarn pertahanan yang memadai, dan masalah internal lainnya dapat menghambat kemampuan Indonesia dalam menjaga kedaulatannya. Oleh karna itu, perbaikan terus-menerus dalam manajemen sumber daya, kepemimpinan dan transparasi sangat ini.

Sebagai pelajarpun, kita juga harus berperan aktif dalam bela negara dan pertahanan nasional. Diawal sudah saya singgung mengenai nasionalisme dan patriotism, kedua hal tersebut termasuk upaya dalam bela negara. Kita bisa menerapkannya dilingkungan pelajar kita,dimulai dengan saling menghormati, menghargai serta melindungi. Perbedaan yang kita miliki seharusnya menjadi hal istimewa yang sangat amat patut kita syukuri. Menanamkan jiwa kebersamaan menambah solidaritas serta gotong royong, menjadi jalan yang sangat mencerminkan upaya bela negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun