Mohon tunggu...
ulyaafifah
ulyaafifah Mohon Tunggu... Guru - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Professional Islamic Teach

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Mahasiswa Berbisnis? Kenapa Tidak!

4 Juni 2024   13:31 Diperbarui: 4 Juni 2024   14:03 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Dok. Pribadi


Di tengah maraknya berbagai bisnis yang merambah di berbagai sektor, ada cerita inspiratif dari seorang mahasiswa yang berhasil membangun bisnis skla kecil berupa hijab pashmina shawl, dengan nama brand "Afifahijab". Bisnis ini nggak cuma menghasilkan keuntungan, tapi juga membuktikan bahwa dengan tekad dan kerja keras, siapapun bisa sukses.

Bisnis ini dimulai oleh seorang mahasiswa sekaligus seorang santri di Yogyakarta. Dengan modal awal yang terbatas dan semangat yang tinggi, ia memutuskan untuk menjual hijab pashmina shawl yang lagi nge-trend di kalangan remaja dan dewasa muda. Nama bisnis "Afifahijab" diambil dari nama owner yang juga mencerminkan keindahan dan kesucian hijab yang dijual.

Mahasiswa ini memanfaatkan media sosial Instagram (id:by.afifahijab) dan whatsaap sebagai platform utama pemasaran. Dengan promosi yang kreatif dan konsisten, "Afifahijab" berhasil menarik perhatian banyak calon pembeli. Selain itu, ia juga menawarkan berbagai macam desain dan warna yang mengikuti tren fashion terkini, sehingga selalu ada produk baru yang ditawarkan kepada pelanggan.

Setiap item hijab pashmina shawl dari "Afifahijab" dijual dengan margin laba sekitar 4.000 rupiah. Meskipun terlihat kecil, dalam skala kecil pun margin ini memberikan keuntungan yang signifikan. Contohnya:

- Modal awal (4 item) : 140.000
- Penjualan rata-rata per hari: 3-4 item
- Laba rata-rata per item: 5.000 rupiah
- Laba harian: 3-4 item x 5.000 rupiah = 15.000 - 20.000 rupiah
- Laba bulanan: 15.000 - 20.000 rupiah x 30 hari = 450.000 - 600.000 rupiah

Dengan laba bulanan 450.000 - 600.000 rupiah, bisnis ini menunjukkan potensi keuntungan yang sangat menarik bagi pebisnis kecil-kecilan.

Seperti bisnis lainnya, "Afifahijab" juga menghadapi berbagai tantangan seperti fluktuasi permintaan, persaingan harga, dan manajemen stok. Tapi dengan strategi yang tepat, ia berhasil mengatasi semua tantangan tersebut. Salah satu kunci suksesnya adalah fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar.

Kisah sukses ini memberikan inspirasi bagi banyak mahasiswa dan pebisnis muda lainnya. Dengan modal yang tidak besar dan strategi pemasaran yang efektif, bisnis hijab pashmina shawl seperti "Afifahijab" ini berhasil membuktikan bahwa siapapun bisa meraih kesuksesan. Kuncinya adalah ketekunan, kreativitas, dan kerja keras.

Bisnis hijab pashmina shawl "Afifahijab" yang dijalankan oleh seorang mahasiswa ini menjadi contoh nyata bahwa bisnis skala kecil pun bisa memberikan keuntungan yang signifikan. Dengan margin laba yang konsisten dan strategi pemasaran yang tepat, ia mampu mengubah tantangan menjadi peluang. Semoga laporan ini bisa menginspirasi lebih banyak mahasiswa untuk berani memulai bisnis mereka sendiri dan mencapai kesuksesan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun