Mohon tunggu...
NAILA AURELIA KHALFANI
NAILA AURELIA KHALFANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi

23 Oktober 2022   20:50 Diperbarui: 23 Oktober 2022   20:54 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

NAILA AURELIA KHALFANI (6132201094)

Sebelum dimulainya Gladi Homanisasi, kami diberikan tugas pra gladi. Kami diberi tugas untuk menganalisa lagu Indonesia Raya, dari tugas ini Saya menjadi tahu lagu Indonesia Raya yang lengkap sebanyak tiga stanza. Dari tugas ini juga, Saya mendapat hal baru yaitu dapat lebih memaknai lagu Indonesia Raya. Lalu, ada tugas menontom film documenter. Dari tugas ini, Saya mendapat informasi mengenai kekayaan Indonesia khususnya dalam hal pangan. Dengan menonton film ini Saya menjadi sadar bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya. Namun masyarakat Indonesia masih banyak yang masih tidak bangga dengan kekayaan negaranya sendiri dan malah tertarik dengan negara lain. Di zaman sekarang, generasi muda lebih banyak mengenal dan mengonsumsi makanan dari negara lain. Hal tersebut menjadi tantangan bagi generasi bangsa, untuk bisa lebih menumbuhkan rasa bangganya terhadap negara Indonesia.

Pada tanggal 22 Oktober 2022 dilaksanakan rangkaian acara Gladi Homanisasi. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hyme UNPAR hingga dimulainya acara inti yaitu diskusi kelompok. Diskusi ini dilakukan untuk membahas topik yang sudah ditentukan lalu nanti dipresentasikan. Kelompok Saya mendapat topik Hari Perserikatan Bangsa -- Bangsa (PBB). Dengan diskusi dan topik yang didapat, Saya menjadi me research kembali dan mendapat informasi baru yang sebelumnya tidak Saya ketahui. Dari dilakukannya diskusi kelompok ini juga, selain mendapat informasi baru tentunya Saya mendapat softskill yaitu berupa public speaking dalam presentasi yang baik, kerja sama antar anggota, dan berpikir kritis.

Kemampuan dalam berbahasa dan logika berpikir merupakan hal yang penting sebagai warga negara khususnya para mahasiswa karena kemampuan sangat berperan penting dalam kehidupan kita yang dapat menjadi pondasi untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan. Setelah mengikuti Gladi Homanisasi ini, banyak hal yang Saya dapatkan diantaranya cara berbahasa yang baik, pengetahuan berbangsa, dan logika berpikir. Kedepannya, cara Saya dalam meningkatkan kemampuan berpikir Saya adalah dengan banyak melakukan  diskusi dengan banyak orang dan tentunya memperbanyak literasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun