Mohon tunggu...
Nafisatul Hasanah
Nafisatul Hasanah Mohon Tunggu... Dosen - A Vounteer and Travel Addict!

YOUTUBE Channel : Navy Nafi - Our background and circumtances may have influenced who we are, but we are responsible for who we become.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Festival Bojlod di Maroko (Agadir) Saat Idul Adha

24 Juli 2021   19:16 Diperbarui: 24 Juli 2021   20:14 128 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Festival Bojlod di Maroko (Agadir) Saat Idul Adha
Suami menggunakan Bojlod

Maroko salah satu negara yang terletak di benua Afrika bagian utara ini memiliki tradisi yang sangat unik ketika merayakan Idul Adha. Festival ini bernama Bojlod yang dilakukan disalah satu kota yaitu Agadir. Apa itu Bojlod? Bojlod adalah pakaian khas/kostum yang terbuat dari kulit domba yang sudah dikurbankan (seperti yang terlihat digambar). Festival ini dilaksanakan pada sore hari sekitar pukul 4 ditengah kota/pusat keramaian.  

Ada banyak orang yang akan berkumpul bersama disana untuk juga mengikut festival atau hanya sekedar menonton/mencari hiburan. Festival ini adalah festival yang dulunya hanya diikuti oleh kaum lelaki yang berusia 20-50 tahun dengan menggunakan Bojlod yang cukup berat kurang lebih 15kg. 

Namun saat ini festival sudah bisa diikuti oleh perempuan juga asalkan mampu menggunakan Bojlod yang bobotnya cukup berat ini. Festival ini menjadi salah satu hal yang sangat unik dan menarik dari kota Agadir di Maroko.

Selain menggunakan kostum Bojlod mereka juga harus merias wajah mereka untuk sulit dikenali oleh peserta lain yang menggunakan Bojlod juga. Nah hal yang akan dilakukan oleh para peserta adalah berusaha mengenali satu sama lain dengan kostum dan dandanan yang mereka gunakan. 

Jika ada yang mengenali kalian maka orang tersebut akan memukuli kalian menggunakan kaki domba yang mereka bawa. Tapi jangan sedih jika banyak yang mengenali peserta tersebut ini artinya dia orang yang terkenal, hahhaha.

Festival ini juga menjadi salah satu alternatif untuk memanfaatkan kulit domba yang dihasilkan dari ibadah qurban. Nah, berhubung festival ini hanya ada di saat Idul Adha maka bagi yang ingin menonton langsung harus berkunjung ke Agadir ketika momen Idul Adha ya. Festival ini sangat unik dan menarik jadi sangat sayang untuk dilewatkan ketika kita ada rencana berlibur ke Maroko. Selamat Idul Adha dari kota Agadir di Maroko (Afrika Utara).

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN