Mohon tunggu...
Nadzifah Fiddiana
Nadzifah Fiddiana Mohon Tunggu... Mahasiswi

Menjadi bermanfaat akan lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Lewat Branding, Mahasiswa KKN UM Optimalkan Potensi Desa Sumberbening

8 Mei 2021   20:54 Diperbarui: 8 Mei 2021   21:01 113 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 di Indonesia pada tahun 2021 masih belum juga mereda. Hal ini menyebabkan dampak yang cukup besar bagi masyarakat di Desa Sumberbening khususnya dalam sektor pariwisata. berangkat dari permasalahan ini mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Semester Genap 2021 Universitas Negeri Malang (UM) tergerak untuk membantu mengoptimalkan potensi Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Bersama dengan Bapak Rachmad Hidayat, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pendamping lapangan (DPL), mahasiswa KKN UM berhasil melaksanakan program kerja bertemakan "Branding Desa Sumberbening" yang bertujuan untuk memperkenalkan sejarah hingga potensi yang ada di Desa Sumberbening kepada masyarakat luas dengan memanfaatkan teknologi digital. Program ini meliputi pembuatan video profil desa, katalog desa, logo desa, dan desain packaging sekaligus logo UMKM Batik B'dhan. Seluruh kegiatan program ini tentunya dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Video profil desa dibuat untuk memperkenalkan potensi dari Desa Sumberbening kepada masyarakat luas dengan harapan mampu menarik minat investor atau pengusaha dalam rangka membantu mengoptimalkan potensi Desa Sumberbening dari berbagai sektor yang telah ada. Video profil berisi kegiatan masyarakat, mata pencaharian, keadaan sosial, dan keindahan alam yang ada di Desa Sumberbening.

"Dalam pembuatan  video profil desa ini, kami tentu melibatkan pihak desa dan juga masyarakat selaku tuan rumah dari Desa Sumberbening yang pastinya lebih mengetahui bagaimana keadaan desa dan apa saja hal-hal yang diangkat pada video profil desa", jelas Rozaqta Mega Wijayana, penanggungjawab video profil desa. Video profil desa ini akan ditayangkan saat penutupan kegiatan KKN UM yang dihadiri oleh mahasiswa KKN UM dan perangkat Desa Sumberbening. Kemudian dipublikasikan melalui YouTube dengan persetujuan DPL dan Bapak Kuslan selaku Kepala Desa Sumberbening.

Katalog desa akan diserahkan kepada pihak desa sebagai media penunjang promosi desa. Katalog desa ini memuat letak desa, topografi, sarana prasarana dan berbagai informasi seputar desa. Untuk proses pembuatan logo dan desain packaging UMKM Batik B'dhan, mahasiswa KKN UM bekerja sama dengan pihak UMKM Batik B'dhan untuk mengetahui karakteristik serta ciri khas yang akan ditampilkan pada desain packaging ataupun logo UMKM Batik B'dhan.

Dokpri
Dokpri
"Terimakasih kawan-kawan mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang, kegiatan program kerja ini sangat bermanfaat dan membantu untuk mempercepat pelayanan di desa. lalu, kelemahan desa kami selama ini kan dibagian informasi pariwisatanya ke massyarakat luar, apalagi Pantai Kepanjen kan masih belum banyak dikenal. Dengan adanya postingan di Instagram pastinya bisa membantu agar lebih dikenal lagi",  ungkap Pak Yusman selaku perwakilan perangkat Desa Sumberbening.

foto-3-proker-branding-6096944fd541df198605ac02.jpg
foto-3-proker-branding-6096944fd541df198605ac02.jpg

VIDEO PILIHAN