Mohon tunggu...
Nadya Umama
Nadya Umama Mohon Tunggu... Mahasiswa FMIPA Universitas Jember Angkatan 2017

Mahasiswa FMIPA Universitas Jember Angkatan 2017

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNEJ "Back to Village" Jadikan Konten Youtube Solusi Pembelajaran Anak Saat Pandemi

11 Agustus 2020   14:17 Diperbarui: 11 Agustus 2020   15:10 77 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNEJ "Back to Village" Jadikan Konten Youtube Solusi Pembelajaran Anak Saat Pandemi
Dokumentasi Pribadi

Kebijakan belajar dari rumah merupakan solusi dari dampak adanya pandemi Covid-19 pada sektor pendidikan. Hal tersebut menjadi kebiasaan baru yang harus diterima oleh siswa, guru, serta orang tua. 

Sayangnya, fakta di lapangan menunjukkan tidak semua lapisan masyarakat dapat membiasakan aturan ini. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilaksanakan tatap muka, sekarang harus melalui media elektronik. 

Pengajar dituntut untuk menciptakan inovasi belajar jarak jauh, dan siswa harus menyesuaikan kebijakan dari guru. KKN UNEJ pun menciptakan terobosan baru, yaitu membuat kegiatan KKN "Back to Village" yang artinya pelaksanaan KKN dilakukan di desa masing-masing. 

Tujuannya untuk membantu menciptakan inovasi dalam mengatasi masalah di lingkungan sekitar. Dari 5 topik, Nadya Umama (21) Mahasiswa KKN 82 UNEJ memilih topik Program Inovasi Pembelajaran Anak Sekolah Saat Covid-19. Pemilihan topik tersebut berdasarkan kondisi lingkungan tentang pembelajaran pada anak saat pandemi yang masih terkendala.

Pada masa ini kebanyakan dari anak-anak SD sudah mahir dalam mengoperasikan smartphone, serta menonton video di Youtube. Namun, kebanyakan dari mereka menunjukkan bahwa mengakses Youtube tidak untuk menonton konten bermanfaat untuk belajar, tetapi diluar dari itu seperti konten game, dan konten video yang kurang berfaedah lainnya. 

Oleh karena itu, penulis sebagai mahasiswa yang melek akan teknologi berkewajiban untuk menemukan inovasi agar konten Youtube menjadi lebih menarik sehingga dapat membantu pembelajaran anak, terutama saat pandemi yang mengharuskan mereka belajar dari rumah.

"Sudah menjadi kewajiban saya sebagai mahasiswa turut berkontribusi dalam mengembangkan kualitas pendidikan dengan menciptakan inovasi belajar bagi anak-anak. 

Apalagi, saat pandemi seperti ini yang mengharuskan mereka belajar dari rumah. Jadi, smartphone dapat benar-benar digunakan untuk hal yang membantu proses belajar anak-anak dengan cara mengarahkan dan selalu mendampingi mereka."

Inovasi yang dilakukan yaitu membuat konten pembelajaran di Youtube berupa video animasi tentang pola hidup sehat saat pandemi, kreatifitas sederhana, dan materi pecahan kelas 4 SD. 

Pembuatan konten menggunakan animasi bertujuan menarik minat anak-anak. Pembuatan konten Youtube dapat diakses melalui link ini dan ini juga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN