Mohon tunggu...
Nadyaz Dwitya Pramesti
Nadyaz Dwitya Pramesti Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Penulis mahasiswa Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Belitung Pulau Eksotis di Barat Indonesia

18 Maret 2021   15:55 Diperbarui: 18 Maret 2021   16:43 286 4 1 Mohon Tunggu...

Apa pendapat kalian tentang Pulau Belitung? Cantik? Indah? Terpencil? Pulau Belitung adalah salah satu pulau di Provinsi Bangka Belitung, Indonesia. Pulau Belitung dikenal dengan nama Belitong (bahasa daerah setempat) yang diambil dari nama jenis siput laut. Dulu, Pulau Belitung dikenal sebagai Billiton, yaitu sebuah pulau yang berada di lepas pantai timur Sumatera, Indonesia. 

Pulau ini diapit oleh dua selat, yaitu Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau Belitung terkenal dengan lada putihnya yang biasa disebut sahang, dan bahan tambang, seperti timah, pasir kuarsa, kaolin, dan batu granit, serta objek pariwisatanya dengan wisata alam alternatif. 

Pulau belitung terbagi menjadi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Belitung yang beribu kota di Tanjung Pandan, dan Kabupaten Belitung Timur yang beribu kota di Manggar. Hanya 30 menit waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke kota Tanjung Pandan, dan 1,5 Jam ke kota Manggar dari Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin. 

Negeri Laskar Pelangi

Dokpri
Dokpri

Pulau Belitung di kenal dengan Negeri Laskar Pelangi, karena pulai ini menjadi pulau di mana proses pengerjaan film Laskar Pelangi di lakukan, dan menjadi tempat kelahiran Andrea Hirata, seorang sastrawan Indonesia yang juga merupakan pengarang dari novel Laskar Pelangi. 

Pulau Belitung saat ini berkembang menjadi pulau wisata yang multi etnik, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Mengunjungi Negeri Laskar Pelangi ini sangatlah mudah, saya hanya perlu menggunakan transportasi pesawat untuk sampai di pulau ini. Penerbangan dari Jakarta-Belitung membutuhkan waktu 55 menit saja. Setelah sampai, kita bisa menggunakan taksi atau agen travel yang tersedia di Bandara. 

Di sepanjang perjalanan menuju kota Manggar saya bisa menjumpai pepohonan rindang yang memberikan kesejukan. Rumah-rumah penduduk setempat hadir di sepanjang perjalanan. Terlihat berbagai aktivitas masyarakat di sana. Pemandangannya membuat damai dan sejuk di hati. Jalan yang berkelok-kelok menjadi ciri khas daerah ini.

Di satu daerah di Pulau Belitung terdapat sebuah museum sastra yaitu Museum Kata Andrea Hirata. Museum ini adalah destinasi wisata pertama yang saya kunjungi setelah saya sampai di Pulau Belitung. 

Museum ini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Museum ini terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No. 7, Gantong, Belitung Timur. 

Museum ini didirikan oleh sang penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Museum Kata Andrea Hirata menjadi museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia. Ketika datang ke museum ini, pengunjung akan di ajak menapaktilasi perjalanan novel laskar pelangi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN