Mohon tunggu...
Nadine Azzahra Syah
Nadine Azzahra Syah Mohon Tunggu... Mahasiswa Jurusan Hospitaliti dan Pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Live a life to the fullest

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Bentuk Cinta yang Tidak Bisa Didapatkan dari Orang Lain

4 Maret 2021   23:04 Diperbarui: 4 Maret 2021   23:27 39 3 0 Mohon Tunggu...

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, kesempurnaan yang mutlak hanya milik sang Maha Kuasa. Setiap manusia pasti memiliki cacat atau kekurangan, tanpa perduli apa yang orang lain katakan. Karena yang paling penting adalah apa yang kamu katakan pada diri sendiri. 

Cacat atau kekurangan yang ada di dirimu jangan dijadikan suatu alasan untuk bisa membenci diri sendiri, tapi jadikan itu sebagai kekuatan dan ciri khas diri.

Kekurangan bukan suatu hal yang buruk dan bukan pula suatu hal yang memalukan. Langkah awal untuk belajar mencintai diri sendiri adalah dengan menerima segala kekuarangan yang dalam diri dan memahami bahwa itu juga bagian dari dirimu yang tidak dapat dipisahkan, dengan mulai mencintai diri sendiri, kamu juga jadi bisa menghargai diri sendiri dan orang lain.

Orang-orang yang berada disekitarmu juga pasti akan merasa senang berada didekatmu, karena mereka bisa merasakan energi positif saat berada didekatmu. 

Setiap orang pasti ingin merasa dicintai, tapi sering salah mengartikannya dengan mencari cinta dari orang lain dan ketika kamu mencari cinta dari orang lain berarti kamu juga memberikan izin kepada mereka untuk dapat mengambil cinta itu kapanpun mereka mau. Dan setelah itu yang akan kamu rasakan hanyalah kekosongan dan merasa hancur didalam.

Lalu, mengapa kita tidak mencari cinta dalam diri kita sendiri? Belajar untuk mencintai dan menerima diri sendiri memang tidak mudah, itu membutuhkan waktu untuk belajar mendahulukan dirimu sendiri ketimbang orang lain. Fokus dengan apa yang kamu butuh dan inginkan untuk dirimu bukan untuk orang lain. 

Tapi bukannya itu namanya egois ya? Ya benar, mungkin memang awalnya akan terasa seperti kamu hanya mementingkan dirimu sendiri, egois. Tapi, sebelum kamu ingin merawat atau membantu orang lain, kamu harus merawat dan membantu dirimu sendiri.

Belajar mencintai diri sendiri bisa dimulai dengan melakukan berbagai aktifitas yang kamu sukai, meluangkan waktu untuk me-time dan practice positive affirmations. 

Dengan mencintai diri sendiri kamu juga akan merasa lebih enjoy dengan apapun yang kamu lakukan dan kamu juga akan mulai menyadari bahwa kebahagianmu tidak bergantung pada orang lain, melainkan dirimu sendiri. Karena hanya kamu yang berhak untuk menentukan apa yang membuat kamu bahagia.

Dan sebagai hasil dari mencintai diri sendiri, kamu bisa mencintai orang lain dengan tulus. Jika sebelumnya, melihat kebahagia orang lain membuatmu iri dan kesal maka setelah kamu bisa mencintai diri sendiri kamu juga bisa ikut merasakan kebahagian dari orang-orang sekitarmu. Kesuksesan orang lain tidak lagi membuatmu iri ataupun kesal.

Adapun hal-hal yang akan kamu rasa kan setelah belajar untuk mulai memberikan cinta pada dirimu sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN