Mohon tunggu...
nadila putri saharani
nadila putri saharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hallo, perkenalkan Saya Nadila Putri Saharani. Saya seorang Mahasiswa dari Universitas Islam 45 Bekasi, Jurusan Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Eksplorasi Diri Saya dan Analisis SWOT

22 Juni 2023   21:42 Diperbarui: 22 Juni 2023   21:50 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ANALISIS SWOT

  • Strength adalah kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang namun belum tentu orang tersebut menyadari akan hal itu, maka kita sebagai manusia harus peka akan kelebihan kita sendiri yang tertanam pada diri kita, agar kita bisa mengetahui apa saja potensi yang dimiliki oleh diri ini, contohnya saya yang mempunyai kelebihan dibidang kesenian seperti desain, gambar, nari, dam melukis.
  • Weakness adalah kelemahan dan kekurangan yang dimiliki oleh semua manusia, seperti yang kita ketahui bahwa kelemahan seseorang bisa mencakup apa saja, contohnya dari segi materi, fisik, maupun kecerdasan intelektual, maka dari itu kita harus mengenal lebih dalam apa kelemahan yang kita miliki sehingga kita dapat mengatasi dan mengasah terus kemampuan kita agar bisa menutupi kekurangan dan kelebihan kita sebagai manusia.
  • Opportunity adalah peluang atau kesempatan yang mana sebagai manusia harus memanfaatkan peluang itu seperti pada komunitas, universitas, maupun didunia pekerjaan, yang nantinya akan memudahkan kita dalam menjalankan semua pencapaian kita sendiri, contohnya saya sebagai mahasiswa ini harus bersyukur terhadap kesempatan untuk bisa kuliah karena belum tentu semua orang bisa melaksanakan hal tersebut.
  • Threat adalah tantangan atau ancam pada hal ini membahas tentang hambatan yang terjadi pada diri kita, contohnya saya setelah lulus sekolah smk saya tadinya ingin langsung bekerja saya namun ada hambatan dari orang tua dan keluarga menuntut saya untuk kuliah terlebih dahulu, katanya si kalo kuliah S1 dapat kerjanya itu nanti gampang, ya mau tidak mau saya harus nurut apa kata orang tua saya, mungkin itu demi kebaikan saya.

SELF-EXPLORATIONS

Self-exploration atau eksplorasi diri adalah eksplorasi diri kita terhadap perubahan sikap untuk memenuhi kebutuhan pada tingkat kesadaran diri atau mewujudkan tujuan yang kita capai. Jadi, disini saya ingin sedikit cerita dan berbagi pengalaman serta cara untuk mengeksplorasi diri sendiri agar tetap konsisten terhadap tujuan kita. Disini saya ingin sedikit cerita yaitu sewaktu SMP saya pernah ikut les kaligrafi dan dalam proses les tersebut adapun suatu ketika ada lomba kaligrafi sekabupaten, nah disitu saya di pilih untuk mewakilkan pondok saya sebagai peserta lomba tersebut, pada saat tersebut saya tidak juara namun ada hal yang saya pelajari dari sehabis lomba tersebut. Apa itu? Tentunya jangan mudah menyerah dan harus tetap semangat, nah di cerita ini saya lebih semangat untuk mempelajari kaligrafi lebih mendalam.

Dan sewaktu SMK saya pernah ikut lomba tari di acara yayasan pondok, jadi dari pondok pusat ke pondok lainnya itu mengadakan acara lomba unuk santri se wilayah CIAYUMAJAKUNING (cirebon, indramayu, majalengka, kuningan). Namun disini saya serta teman saya sebagai perwakilanan pondok saya untuk mengikuti lomba tari tersebut. Alhamdulillahnya disini saya serta teman-teman saya mendapatkan juara umum, disini saya selalu berfikir positif dan tentunya berlatih dengan sunggu-sungguh agar tarian kelompok saya ini semakin meningkat.

Mungkin saat ini saya lagi mengasah kemampuan atau kesukaan saya dengan hal-hal di bidang kesenian, entah itu alat musik, gambar, merangkai kerajinan tangan serta desain-desain yang dibikin dari aplikasi desain atau lukisan. Jadi untuk mempelajari hal ini jalan nya tidak mudah atau tidak instan. Kenapa saya lebih suka hal-hal yang kesenian, alasanya karena saya lebih suka kesenian di bandingkan belajar untuk berfikir . Jadi disini yang saya inginkan menjadi seorang desain atau pemain musik, membuat game serta membuat kartun, namun karya yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi semua kalangan manusia di dunia ini.

Berikut beberapa cara yang saya gunakan untuk mengeksplorasikan diri saya :

  • Mencoba berlatih menggambar abstrak terlebih dahulu atau mengenali pola-polanya sebelum ke hal yang berikutnya.
  • Mulai mencoba berlatih menggambar atau mendesain suatu hal yang lebih mudah agar terbiasa untuk kedepannya.
  • Meminta saran kepada kerabat terdekat.
  • Bertekad untuk berani ke tujuan yang kemudian nantinya akan memicu keunikan kreativitas hasil karya sendiri.
  • Memaksimalkan aktivitas diri sendiri, jadi membuat karya ini itu tidak harus setiap waktu, namun membuat karya ini itu ketika waktu senggang dan di jadwalkan. Intinya agar waktu jam tidur tidak terganggu.
  • Tentunya harus memiliki sikap tanggung jawab terhadap diri sendiri agar karya yang saya buat ini untuk mendapatkan karya yang sukses serta desain yang hebat di masa kedepannya
  • Dan harus memiliki sikap yang rajin serta konsisten dalam pendirian saya atas kemajuan tersebut.
  • Terakhir melakukan koreksian tentang apa yang di perlukan untuk memperbaiki diri sendiri dan belajar hal yang selama ini belum di ketahui.
  • Jangan mudah menyerah dan harus semangat serta harus mempelajari lebih mendalam lagi.
  • Dan tentunya harus mencoba yang baru, yang nama nya usaha itu memang tidak mudah namun agar hasilnya memuaskan kita terus menerus harus berlatih sampai tujuan yang di inginkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun