Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Penulis - Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Gangguan Sistem Pencernaan, Berpengaruh pada Sistem Imun Tubuh, Lho!

30 Juni 2021   10:30 Diperbarui: 3 Juli 2021   14:53 652 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gangguan Sistem Pencernaan, Berpengaruh pada Sistem Imun Tubuh, Lho!
Ilustrasi makan sehat. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Tahukah 70 persen sistem imun, ternyata dipengaruhi oleh sistem pencernaan? Faktanya, kesehatan tubuh banyak dipengaruhi oleh apa yang terjadi di dalam organ pencernaan. Lebih tepatnya denga napa yang terjadi di dalam produksi bakteri dalam usus.

Seperti yang dilansir dari The Journal of Translational Immunology yang mana di dalam bagian bernama lamina propria ini terdapat 70 persen sistem imun tubuh. Selain itu lamina propria ini memiliki peran penting dalam memproduksi 80 pesen sel plasma antibody bagi tubuh.

Contohnya pengaruhnya ini seperti saat kebanyakan makan pedas, kenyamanan BAB menjadi terganggu. Ini bisa jadi karena komposisi bakteri pada sistem pencernaan terganggu.

Saat sistem pencernaan dijaga dengan baik dan membuat sistem pencernaan lebih stabil, tubuh akan lebih mudah beradaptasi dengan peka.

Ketika kandungan dalam makanan yang dikonsumsi ternyata berpotensi membuat sistem imun terganggu, maka sistem pencernaan akan memberikan reaksi alami. Sebelum menyakit menyerang, tubuh melalui sistem pencernaan akan memberikan peringatan bagi kita.

Baca juga: Puasa Ramadan Mengajarkan Kita Pola Makan Sehat

Namun, sebaliknya saat kita memiliki sistem pencernaan yang tidak stabil, pertumbuhan bakter baik bisa terhambat. Akibatnya, bakteri baik dalam pencernaan bisa lebih sedikit dari yang seharusnya.

Untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan yang bisa berakibat pada sistem pencernaan tidak stabil, kamu bisa cek lima jenis makanan di bawah ini yang popular namun ternyata bisa berdampak buruk pada pencernaan.

Ilustrasi perempuan dengan pola maka sehat | pexels/Nathan Cowley
Ilustrasi perempuan dengan pola maka sehat | pexels/Nathan Cowley

1. Sereal Manis

Menurut ahli gizi TheCandidateDiet.com, Lisa Richards dilansir dari kompas.com, penyebab utama pertumbuhan jamur yang berlebihan di usus adalah makanan cepat saji yang diproses serta memiliki banyak gula.

Bahkan jika kandungan gula banyak pada makanan dianggap sehat pun, faktanya tetap bisa masuk ke dalam kategori makanan penyebab gangguan pencenaan. Termasuk di antaranya sereal manis, kue kering, dan protein bar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x