Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Smartphone yang Jadi Kebutuhan dan Bahaya Radiasi Otak yang Mengintai

22 Juni 2021   23:20 Diperbarui: 22 Juni 2021   23:40 84 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Smartphone yang Jadi Kebutuhan dan Bahaya Radiasi Otak yang Mengintai
Ilustrasi orang bermain smartphone | pexels/August de Richelieu

Smartphone sudah termasuk salah satu kebutuhan "pokok" kita sehari-hari loh. Pasalnya alat komunikasi pintar ini sudah sangat menunjang berbagai aktivitas sehari-hari mulai dari sekolah dan bekerja, hingga sekadar browsing, scroll social media, dan hiburan nonton.

Memang sih, rasanya untuk manusia modern tidak mungkin kalua harus lepas dari smartphone. Tetapi, sebagai pengguna aktif smartphone, juga harus tahu nih apa saja dampak negatif terlalu sering lihat smartphone?

Yang kita tahu selama ini mungkin soal radiasi smartphone yang bisa ganggu Kesehatan mata. Ternyata, bahaya radiasi smartphone pada otak juga ada dan sama-sama harus diwaspadai.

Cek selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Seberapa Tertunduk Kepala Kamu?

1. Sakit kepala

Jangankan smartphone, mereka yang matanya selalu terpancang ke layar (ponsel maupun laptop) jika sudah berlebihan terkadang bisa rasakan kepala pusing. Ternyata, bahaya radiasi smartphone ini bisa bermula dari kebiasaan selalu meletakan smartphone di dekat kepala saat tidur.

Kok bisa? Ini disebabkan karena radiasi RF atau radio frekuensi pencari sinyal yang dihasilkan smartphone. Biasanya ini karena smartphone masih dalam mode aktif. Kondisi ini bisa membuat radiasi lebih mudah menuju otak dan memberikan efek negatif.

Rasa sakit kepala berkepanjang inilah yang jadi salah satu alasan bahaya radiasi smartphone. Bahaya selanjutnya, jika radiasi ke otak sudah sangat berlebih. Akibatnya bisa mual dan muntah-muntah.

2. Kerusakan pada otak

Jarang diketahui, bahwa bahaya radiasi smartphone pada otak adalah bisa merusak Kesehatan otak iu sendiri. Bagaimana konsep caranya? Ternyata ini karena smartphone memiliki gelombang elektromagnetik yang bisa menembus ruang hampa dan jaringan otak.

Gelombang ini pada akhirmya bisa memengaruhi munculnya sel otak akustik neuroma atau tumor jinak yang tumbuh di saraf penghubung antara telinga dengan otak. Jadi, yang harus kamu tahu bahaya radiasi smartphone ini bisa picu timbulnya sel kanker di otak!

3. Insomnia

Susah tidur atau insomnia, sebabnya ternyata juga karena terlalu banyak radiasi yang diterima otak dari smartphone. Ini karena radiasi yang dipancarkan melalui layar atau radio pada smartphone bisa memengaruhi kesehatan otak dan saraf di tubuh kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x