Mohon tunggu...
Sosbud Pilihan

Bagimu Negeri

6 Mei 2019   07:30 Diperbarui: 6 Mei 2019   07:39 0 2 0 Mohon Tunggu...

Ada 267  juta jiwa, hidup di 34 provinsi yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman hayati, budaya, serta struktur sosialnya yang tak lepas dari pandangan pemerhati. Tidak dapat dipungkiri, semua keberagama yang ada dipicu oleh letak secara demografis dan geografis Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Indonesia sebagai negara kepulauan jelaslah terdapat kekurangan dan kelebihan. Mulai dari keterbatasan pengelolaan sumber daya Alamnya, yang dapat menutupi segala kelebihan Indonesia.  Indonesia adalah negara yang memiliki kemampuan dan kelebihan yang tidak semua negara memilikinya. 

Banyak pulau, hingga Indonesia dinamakan negara kepulauan. Memiliki garis pantai terbesar kedua didunia, memiliki laut terluas didunia, cadangan gas alam terbesar didunia, dan banyak lagi kelebihan dan potensi negara kita yang seharusnya pengelolaannya baik dan bijaksana sehingga dapat menjadikan Indonesia sebagai negara terhebat didunia.

Sayangnya, kelebihan dan potensi yang dimiliki Indonesia, saat ini masih belum dapat dimaksimalkan. Banyak sebab adanya hal itu. Diantara sebabnya adalah , membudayanya korupsi dikalangan para pejabat atau kaum atas, lalu kurangnya sumber daya manusia yang profesional dan dapat mengelola sumber daya alam dengan baik. 

Dan terakhir adalah memudarnya sikap nasionalisme pada diri masyarakat khususnya kaum milenial &   tidak adanya kesadaran rakyat Indonesia tentang potensi yang dimiliki oleh negara kesatuan republik Indonesia. 

Menumbuhkan Nasionalisme sejak dari kecil memang sulit, namun itu harus dilakukan. Karena nasionalisme dapat mendorong rasa ingin tahu anak -- anak tentang budaya Indonesia dan berusaha mencarinya. 

Nah, lalu apa yang terjadi kedepan ? masihkan indonesia menjadi negara berkembang dengan banyak kelebihan yang ada? Dengan  Korupsi yang merajalela, teknologi yang sangat  tertinggal jauh, terpecahnya rakyat hanya karena politik, dan yang paling parah kurangnya etika pemuda dizaman yang modern ini atau, Indonesia akan menjadi negara maju dimasa depan dan dapat bersaing dengan negara -- negara maju lain didunia. 

Disadari atau tidak perlahan negara Indonesia kini bangkit. Tidak menutup kemungkinan jika Indonesia 20 atau 30 tahun kedepan akan menjadi negara maju yang dapat bersaing dengan negara maju lain didunia. Waktu yang sangat lama memang, tapi saya yakin itu akan terjadi. 

Dengan segala kelebihan negara Indonesia, ada banyak harapan dan impian saya untuk negeri saya ini. Indonesia, negara dengan 200 juta lebih penduduknya ada banyak mimpi besar yang dapat terwujud apabila dilakukan dengan prinsip Bhineka tunggal ika nya. 

Apalagi sekarang Indonesia akan terbaharui dengan dilantiknya presiden baru tahun 2019- 2024. Saya harap dapat membantu mewujudkan semua  harapan dan impian besar rakyat Indonesia. Dimulai dari hal -- hal sederhana inilah beberapa harapan saya untuk Indonesia.

Tentang akses internet dan Wifi yang kurang terseber di Indonesia. Harus diakui kecepatan akses internet di Indonesia berada urutan keempat dari beberapa negara ASEAN, yakni Singapura, Malaysia dan Thailand. Dari 514 kabupaten di Indonesia, terdapat 58 kabupaten yang baru dan bahkan sama sekali tidak ada backbone (Jalan Pintas untuk Internet). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2