Mohon tunggu...
NAD DIROH
NAD DIROH Mohon Tunggu... Guru - 02 06 1999

Jangan pernah menyerah sebelum berusaha

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis SWOT

15 April 2020   16:55 Diperbarui: 15 April 2020   17:00 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Analisis SWOT adalah metode dalam perencanaan stretegi yang di gunakan dalam dunia bisnis swot disini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan dan ancaman bagi seorang pembisnis. 

Maksudnya swot disisni yaitu alat yang sangat sederhana namun sangan membentu kita semua yang membangun sebuah bisnis dimana pada proses ini bisa membantu untu mengembangkan strategi suatu bisnis agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar teknik ini di buat oleh Albert Humphrey yang memimpin proyek riset dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan fortune. 

Analisis swot selesai kita sebagai pembisnis harus mengubahnya menjadi strategi nyata dimana pada tahap ini untuk menghasilkan strategi yang dapat dikerjakan beberapa bulan kedepan. Dimana pada langkah awal melihat kekuatan untuk mencari tahu bagaimana dapat menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan suatu peluang.

Cara menentukan atau menganalisis peluang dan ancaman dalam usaha kita perlu kita ketahui bahwa ada empat langkah dari swot yaitu: Kekuatan suatu perusahaan, kekurangan suatu perusahaan, peluang suatu perusahaan dan ancaman suatu perusahaan. 

Selanjutnya kita harus mengetahui kondisi internal dan eksternal yaitu kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan, suatu perusahaan pastinya memilki kelebihan-kelebihan dari perusahaan tersebut dan kelebihan tersebut sebuah kekuatan bagi perusahaannya

Mengenai cara menentukan atau menganalisa Peluang dan ancaman perusahaan kita. Perlu kita ketahui bahwasanya kita harus, menganalisis ke 4 langkah dari swot yakni: kekuatan suatu perusahaan, kekurangan suatu perusahaan, peluang suatu perusahaan, ancaman suatu perusahaan. 

Selanjutnya kita harus mengetahui Kondisi Internal dan eksternal nya dulu yakni Kekuatan yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan kita, suatu perusahaan pastilah memiliki kelebihan-kelebihan akan sesuatu yang berhubungan dengan perusahaanya dan menjadikan kelebihan-kelebihan tersebut sebagai sebuah kekuatan bagi perusahaannya seperti pelayanan yang ramah, garansi uang kembali atau yang lainnya. 

Sedangkan Kekurangan adalah kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan kita, disamping perusahaan memiliki suatu kelebihan maka pastilah memiliki suatu kekurangan dalam berbagi hal seperti lokasi, pelayanan, produk yang kurang berkualitas, atau yang lainnya. 

Jadi, semua analisis itu bisa saja berdampak positif maupun negatif terhadap perusahaan kita, itu tergantung dari analisa yang kita lakukan terhadap perusahaan kita dengan teknik PESTEL analys dan jika postif artinya sebuah peluang untuk perusahaan anda tetapi bila negatif maka akan menjadi sebuah ancaman terhadap perusahaan anda. 

Jika ancaman terhadap perusahaan kita besar dan kita merasa tidak sanggup menghadapinya, ada baiknya kita untuk menghindari bukan menghadapinya. Ada juga Strategi yang digunakan untuk bertahan yaitu Defence dan biasanya dilakukan oleh perusahaan yang kuat dan memiliki peluang yang besar .

Analisis SWOT bisa digunakan dalam semua sektor, termasuk ekonomi. Hampir semua perusahaan menggunakan analisis SWOT. dengan itu kita tahu kekurangan dan kelebihan produk atau perusahaan. Contoh, kalau kita punya perusahaan harus tahu kekuatan dan kekurangan perusahaan kita dan orang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun