Mohon tunggu...
Nada Rahmi
Nada Rahmi Mohon Tunggu... Lainnya - Public Relations Student

19 y.o

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

6 Cara Menjadi Pengguna Media Sosial yang Bijak di Era Digital

17 Desember 2021   17:38 Diperbarui: 17 Desember 2021   17:39 362 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Ilustrasi: PEXELS

Di era digital ini perkembangan teknologi semakin pesat. Hal ini karena adanya kehadiran media sosial yang memberi perubahan pada kehidupan masyarakat. Pada era ini dunia seakan-akan ada di dalam genggaman kita. 

Di mana pun kita berada, kita bisa mengetahui setiap keadaan yang ada di seluruh dunia . Tidak hanya itu, dengan adanya media sosial menghubungkan kita dengan orang lain, dan juga memudahkan kita dalam mencari berbagai informasi-informasi yang ada di dunia maya.

Adanya media sosial sangat berpengaruh besar bagi manusia. Saat ini manusia menggunakan media sosial dalam kegiatannya sehari-hari, entah digunakan untuk bersosialisasi, maupun dijadikan sebagai wadah menuangkan ide-ide pribadi yang di keluarkan untuk  membuat sebuah konten. Konten yang dibuat biasanya dapat menggiring opini para pengguna media sosial lainnya. 

Namun, saat ini banyak sekali penyalahgunaan media sosial yang menyebabkan propaganda negatif. Oleh karena itu,  sebagai pengguna media sosial kita harus menggunakannya secara cerdas dan bijak. Berikut adalah cara bijak dalam menggunakan media sosial.

1. Tidak Menyebarluaskan Urusan Pribadi Teman di Media Sosial

Setiap orang pasti memiliki hubungan pertemanan maupun persahabatan. Di dalam hubungan ini biasanya seseorang akan menceritakan semua permasalahan hidupnya kepada teman yang telah dipercayainya. 

Namun, setiap pertemanan pasti akan ada konflik yang disebabkan adanya perbedaan pendapat maupun pemikiran. Dengan adanya konflik ini kita tidak boleh melampiaskannya dengan menyebarluaskan masalah pribadi teman kita ke media sosial. 

Hal ini bisa menyebabkan teman kita tidak akan percaya kembali untuk menceritakan masalah pribadinya kepada kita. Maka dari itu, kita harus bersikap dewasa dalam menyelesaikan sebuah masalah dan tidak mempermalukan teman kita dihadapan publik.

2. Memikirkan Bahan yang Akan Diposting dengan Matang

Sudah tidak asing lagi jika media sosial digunakan sebagai tempat untuk menceritakan segala hal yang ada di kehidupan kita. Dalam bersosial media kita harus memikirkan kata-kata atau kalimat agar tidak menyinggung perasaan orang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan