Mohon tunggu...
Nabillah Auliya Nur
Nabillah Auliya Nur Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi Universitas Airlangga departemen Antropologi

study

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Pendektaan Ekonomi Personalisme dalam Pemasaran Produk

7 Juni 2023   14:39 Diperbarui: 7 Juni 2023   14:44 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut konsep bauran pemasaran yang dikembangkan oleh Jerome McCarthy tahun 1960, yaitu ada empat elemen atau sering disebut 4P, Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi) semua elemen ini diperlukan untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

Product, mengaitkan dengan produk atau jasa yang ditawarkan dari perusahaan untuk pelanggan. Produk digunakan untuk menarik konsumen atau pengguna sebanyak mungkin terlebih lagi, produk adalah hal yang ditawarkan perusahaan untuk konsumen. Semua perusahaan bersaing untuk membuat produk sebaik mungkin agar perusahaan dapat bersaing dengan lainnya. Ada beberapa fitur yang harus diperhatikan dalam pembuatan produk atau jasa, yaitu:

Fitur produk, yaitu unsur-unsur yang terdapat pada produk yang perusahaan tawarkan kepada konsumen

Kualitas, menurut Kotler dan Amstrong yaitu kemampuan dari fungsi suatu produk seperti ketahanan, keandalan, ketepatan, serta kemudahan dalam penggunaan suatu produk.

Kemasan, merupakan unsur penting dalam menarik konsumen, perusahaan banyak melakukan inovasi agar suatu kemasan ini dapat menunjang suatu produknya.

Layanan, suatu produk yang bagus atau laris juga tergantung layanan yang perusahaan berikan, bagaimana layanan itu tersampaikan dari karyawan kepada konsumen.

Price, melibatkan akan penetapan harga di awal untuk produk dan jasa yang ditawarkan. Dalam penetapan harga perlu juga melihat pasar, jangan sampai salah dalam menaruh harga di pasaran. Banyak konsumen yang melihat suatu harga adalah suatu yang utama daripada kualitas produk itu sendiri. Sebagai perusahaan atau owner diminta untuk pintar menaruh harga yang pas bagi produknya

Strategi, hal ini dilakukan untuk menetapkan persaingan, diperlukan strategi yang kuat karena semakin menarik suatu produk semakin kuat persaingan harga yang ada

Rentang harga, menaruh harga dari yang termurah hingga termahal dengan masuk akal. Baik murah sampai mahal perusahaan atau owner dapat menepatkan suatu harga yang pas.

Diskon, suatu hal yang paling banyak menarik minat, diskon digunakan agar banyak menarik konsumen. Hal ini karena dianggap menguntungkan bagi konsumen untuk membeli suatu produk

Keuntungan, sama seperti diskon, keuntungan-keuntungan apa yang diberikan perusahaan untuk konsumen, semakin banyak keuntungan semakin banyak menarik konsumen untuk membeli suatu produk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun