Mohon tunggu...
Avana
Avana Mohon Tunggu... Novelis - -

Membaca adalah jendela dunia

Selanjutnya

Tutup

Home

5 Tips Menciptakan Aroma Wangi di Rumah Sepanjang Waktu

2 Desember 2022   08:05 Diperbarui: 6 Desember 2022   14:12 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.ruparupa.com/

Menurut saya, ada berbagai faktor yang harus dipertimbangkan untuk kenyamanan rumah, termasuk aroma di dalam setiap ruangan. Yap! Pastinya, rumah yang memiliki bau tak sedap bisa membuat kita dan anggota keluarga jadi tak nyaman.

Penyebab datangnya aroma tak sedap ini cukup beragam, seperti adanya penumpukan sampah, perabot yang jarang dibersihkan, dan minimnya sirkulasi udara. 

Maka dari itu, beberapa minggu ini saya melakukan berbagai cara buat menciptakan aroma yang segar di rumah. Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin membagikan beberapa cara yang berhasil berikut ini.

1. Rutin Membersihkan Tempat Sampah

Faktor utama yang menciptakan bau tak sedap di rumah adalah tempat sampah. Selain bau, tempat sampah yang kotor dan penuh juga bisa menjadi tempat ternyaman buat bakteri berkembang biak.

Makanya, saya mengusahakan untuk selalu rutin membuang seluruh sampah ke bagian luar rumah. Selain itu, saya juga selalu membersihkan tempat sampah setidaknya sekali dalam satu bulan.

2. Bersihkan Karpet

Karpet memiliki permukaan lembut yang dapat memerangkap bau. Jika tidak rutin dibersihkan, baunya akan mengendap dan menyebar ke seluruh ruangan. 

Saat membersihkan karpet, saya akan menaburkan soda kue di atasnya selama 30 menit. Kemudian, saya akan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa bubuk sodanya.

Sumber: https://www.ruparupa.com/ 
Sumber: https://www.ruparupa.com/ 

3. Buka Jendela

Cara termudah untuk menciptakan aroma segar di rumah adalah membuka pintu dan jendela agar sirkulasi udaranya lancar. Selain sirkulasi, saya merasa kalau angin alami bisa mengusir bau yang tidak sedap, terutama buat area dapur.

4. Buat Penyegar Alami

Setelah proses membersihkan perabot selesai, saya memanfaatkan bahan dapur alami yang bisa dijadikan penyegar. Salah satu bahan dapur yang pernah saya pakai adalah campuran air dan lemon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun