Mohon tunggu...
Nabilah ramadhani
Nabilah ramadhani Mohon Tunggu... mahasiswa

hobi saya mendengar kan musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

mataf 1

16 September 2025   21:26 Diperbarui: 16 September 2025   21:27 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

unisa Yogyakarta

unisa

pembawa acara : bapak gery katon mahandra.

Narasumber  I :Prof.DR.Mufdlilah.,S.PD,S.S.SIT.M.SC

Negara pancasila sebagai darul ahdi wa syahada.

•Cita cita muhamadiyah
                                                 Adalah mewujudkan negara Indonesia sebagai “baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur”,yaitu suatu negeri yang baik dan berada dalam ampunan allah.

Definisi “darul ahdi wa syahadah  adalah prinsip muhamadiyah tentang Indonesia  sebagai negara hasil kesepakatan(ahdi) seluruh elemen bangsa,sekaligus tempat persaksian(syahadah) bagi umat islam untuk memberi kontribusi terbaik.

Darul :rumah/negara

Ahdi:perjanjian/kesepakatan

•Tujuan utama

-meneguhkan komitmen kebangsaan,menjaga Indonesia sebagai amanah allah.

-membuktikan peran umat islam berkontribusi nyata dalam pembangunan bangsa.

-menguatkan nilai keislaman dan kebangsaan islam rahmatan lil’alamin dalam konteks NKRI.

-mencegah perpecahan bangsa memperkokoh persatuan dalam keberagaman.

•Prinsip prinsip darul ahdi  wa syahadah

-menghormati kesepakatan nasional

-menjadi warga negara yang bertanggung jawab

-kesaksian iman dan amal shalih

-membangun peradaban utama

Harapan & implementasi

-umat Islam mampu memberi telad terbaik dalam berbangsa dan bernegara

-Indonesia tetap tegak sebagai negara  yang dalam adil,dan makmur

-terwujud masyarakat utama(khairat ummah) yang menebar rahmat dan manfaat bagi sesama.

•Pahlawan nasional dari warga muhamadiyah

kampus ini di bangun pada tahun 1912,dan didirikan oleh ibu aisyiyah pada tahun 1918.

•banyak tokoh muhamadiyah yang telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa ,bahkan beberapa di antara nya ditetapkan  sebagai pahlawan nasional.

•keberadaan pahlawan nasional dari muhamadiyah menjadi bukti bahwa gerakan  islam berkemajuan ini berperan penting  dalam sejarah bangsa.

      Apakah pancasila sesuai dengan islam?

Negara pancasila sesuai dengan islam karena mengandung nilai ketuhanan,kemanusiaan,persatuan,musyawarah dan keadilan yang sejalan dengan prinsip rahmatan lil alamin.

Kedudukan negara pancasila

1.muhamadiya memandang NKRI sebagai negara pancasila yang lahir 17 Agustus 1945 berlandaskan falsafah luhur dan sejalan dengan ajaran islam.

2.esensi Pancasila selaras dengan islam mengesakan allah,menjunjung kemanusiaan,menjaga persatuan,bermusyawarah dengan bijak,serta menegakkan keadilan sosial bagi  semua.

3.negara pancasila yang berjiwa,berpikir,bercita cita luhur sebagaimana pembukaan uud 1945,dapat di wujudkan sebagai baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Negara Pancasila sebagai darul ahdi wa syahadah:

-beriman dan bertakwa (Qr.al a’raf:96)

-beribadah dan memakmurkan nya(Qr.adz.zhariyat56.hud:61)

-menjalankan fungsi kekhalifahan dan tidak membuat kerusakan di dalam nya (Qr. Al- baqarah:11,30)

-memiliki relasi hubungan dengan allah(habluminallah)dan dengan sesama (habluminannas)dan harmonis(Qr,Al imran:122)

-mengembangkan pergaulan antar komponen bangsa.

Contoh penerapan

•muhamadiyah sekolah dan universitas untuk mencerdaskan bangsa (kesaksian nyata)

•aktif dalam diplomasi kemanusiaan di Palestina dan rohingya(kesaksian global)

•konsisten mendukung NKRI berdasarkan Pancasila (wujud penerimaan atas perjanjian nasional)

“Indonesia adalah darul ahdi wa syahadah tanah air perjanjian luhur dan tempat kiyta bersaksi dengan amal shalih membangun bangsa”

Narasumber 2

Ibu Kompol leo nisya sagita S.I.K

Materi:

“Peran mahasiswa dalam menjaga keutuhan NKRI dan upaya bela negara di post truth”

Menjawab tantangan disinformasi dan membuat ketahanan bangsa melalui generasi penerus yang cerdas dan berintegritas.

Era post truth,ancaman baru bela negara,informasi hoax dan disinformasi menyebar cepat di era digital,memicu perpecahan sosial dan menurunkan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia,39% mahasiswa terpapar paham radikal menurut penelitian menurut Lemhannas RI 2024.

Mahasiswa agen perubahan dan penjaga nilai bangsa :

•agen of change,penggerak perubahan positif dalam masyarakat dan pembangunan bangsa

•iron stock,cadangan kekuatan bangsa untuk masa depan Indonesia yang lebih baik

•kekuatan moral,penjaga nilai luhur pancasila dan integrasi bangsa

• kontrol sosial,pengawas jalan nya pemerintahan dan pembangunan 

Strategi mahasiswa dalam bela negara di era post truth

•literasi digital saring sebelum sharing,tanggapi hoax dengan fakta dan gunakan teknologi untuk menyebarkan narasi positif tentang Indonesia

-verifikasi sumber informasi

-gunakan platform fact checking

-edukasi media sosial yang bertanggung jawab

pendidikan kewarganegaraan

Memperkuat pendidikan kewarganegaraan dan bela negara di kampus sebagai fondasi moral dan patriotisme yang kokoh

-diskusi nilai nilai Pancasila

-workshop bela negara

-seminar wawasan kebangsaan 

•kegiatan sosial budaya 

Aktif dalam kegiatan sosial budaya yang mempererat persatuan dan menumbuhkan  rasa cinta tanah air yang mendalam

-festival budaya daerah

-bakti sosial masyarakat 

-pelestarian tradisi lokal

Kesimpulan 

“Dengan kesadaran tinggi dan peran aktif  mahasiswa dan melawan disinformasi ,menjaga persatuan dan menguatkan kedaulatan bangsa di tengah tantangan  di era digital”

Narasumber :3

   “Bapak amika wardana”

Sistem pendidikan tinggi Indonesia 

Pendidikan tinggi berawal dari tradisi kuno,akademi plato,Nalanda,madrasah islam.

Universitas abad pertengahan(bologna,paris ,Oxford)pusat teologi,hukum,filsafat 

Fungsi awal menjaga kebenaran mendidik professional (hukum,medis,birokrasi)

Perguruan tinggi modern

-renaisans & pencerahan,humarisme,radionalitas,sains 

-model Humboldt 

-perguruan tinggi jadi instrument negara dan bangsa & modernisasi 

-universitas ruang pencarian kebenaran dan pelayanan kemanusiaan 

Perguruan tinggi muhamadiyah dan aisyiyah 

Muhamadiyah mendirikan perguruan tinggi pertama pada tahun 1955(universitas muhamadiyah jakarta)sebagai ke lanjutan komitmen pendidikan sejak berdiri 1912

Jaringan luas terdapat lebih dari 163 perguruan tinggi muhamadiyah dan aisyiyah (PTMA) menjadi kan nya PTS terbesar di Indonesia 

Karakteristik utama 

•mengintegrasikan islam berkemajuan dengan dengan ilmu Pengetahuan

•menjunjung kemandirian filantropi dan inovasi sosial

Orientasi masa depan menjadi kmpus berdampak

Unggul dalam mutu akademik riset digitalisasi serta melahirkan lulusan professional berkarakter islami dan berkomitmen pada kemanusiaan

Menjadi mahasiswa 

•menguasai ilmu dan keterampilan

•mengembangkan diri

•berpikir Kritis dan kreatif 

•mempersiap kan karier dan masa depan

•memberi kontribusi pada masyarakat.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun