Mohon tunggu...
Nabilah Qonitah
Nabilah Qonitah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Surabaya

KKN-T Surabaya 14

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok KKN-T Surabaya 14 Surabaya Unesa Gelar Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM di Kelurahan Panjang Jiwo

25 Juni 2022   21:47 Diperbarui: 25 Juni 2022   22:14 43 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing di UMKM Wahyu Barokah (Ibu Ulik) Selaku Mitra Binaan KKN-T 14 Surabaya


Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM (KKN-T) Kelompok 14 Surabaya memberikan kegiatan edukasi digital marketing bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Panjang Jiwo, Kecamatan Trenggilis Mejoyo, Kota Surabaya.

Pandemi Covid 19 yang terjadi di Indonesia memberikan banyak dampak di berbagai sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah, seperti mengalami kerugian yang disebabkan menurunnya tingkat penjualan. Sehingga para pelaku UMKM harus memutar otaknya agar tidak terus mengalami kerugian tersebut dengan cara memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Pesatnya perkembangan teknologi digital dan internet berimbas pada pemasaran. Oleh karena itu tren pemasaran di dunia beralih dari semula kovensional (offline) menjadi digital (online). Strategi pemasaran melalui digital marketing ini lebih prospektif dikarenakan banyak masyarakat khususnya masyarakat Surabaya yang sudah menggunakan media pemasaran digital seperti gofood, grabfood, shopeefood, whatsapp bussies, instagram dan media pemasaran digital lainnya.

Untuk itu Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM (KKN-T) 14 melakukan survey yang dilaksanakan pada Sabtu (19/02/2022) di berbagai  UMKM yang ada di Kelurahan Panjang Jiwo, Kecamatan Trenggilis Mejoyo. Dan mendapatkan data hasil yaitu kurang lebih 280 UMKM yang ada di Kelurahan Panjang Jiwo. Dimana sebagian besar dari UMKM tersebut masih belum berkembang sehingga diperlukan pembinaan lebih lanjut.

  

Kegiatan Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing di UMKM Donat Rasya ( Ibu Sunarsih) dan Kue Lumpur (De’Panji) Selaku Mitra Binaan KKNT 14 Surabaya

 

 

Kegiatan edukasi dan pelatihan ini merupakan inovasi yang kami berikan terhadap para pelaku UMKM di Panjang jiwo yang masih kurang mampu memanfaatkan teknologi digital bahkan sebagian para pelaku umkm belum bisa menggunakan teknologi media digital sebagai sarana pemasaran produk. Kegiatan edukasi dan pelatihan ini dilakukan pada minggu ketiga dari program KKN yang kami jalankan dan berlangsung selama 2 pekan dengan jumlah pertemuan 1 minggu sebanyak tiga kali. Dalam pertemuan minggu pertama hari pertama, kami melakukan pembuatan akun instagram untuk masing-masing UMKM yang dibina dan juga mendesign poster produk UMKM. Untuk hari kedua, kami melakukan pengambilan foto terkait produk UMKM untuk kemudian diunggah ke masing-masing akun instagram UMKM yang telah dibuat. Untuk hari ketiga, kami melakukan pengambilan video terkait dengan pembuatan produk dari masing-masing produk UMKM. Selanjutnya untuk minggu kedua hari pertama, dilakukan proses pengeditan video yang kemudian akan diunggah di akun Instagram masing-masing UMKM yang telah dibuat. Pengeditan video dilakukan di Kantor Kelurahan Panjang Jiwo. Setelah video siap diunggah dan sudah dilakukan pengeditan kemudian kami mengunggah video tersebut dimasing-masing akun instagram UMKM yang telah dibuat di minggu kedua hari kedua. Dihari ketiga, kami melakukan pengeditan akun instagram terkait dengan menghubungkan ke linktree dan memperbaiki bio dari masing-masing instagram yang dibuat. Kegiatan pemasaran akan terus berlanjut dengan terus meng-update foto dan video produk dari masing-masing UMKM yang dibina sampai kegiatan KKN selesai. 

                        Hasil kegiatan digital marketing yaitu pembuatan sosial media

 

Hasil dari kegiatan ini berupa akun instagram masing-masing UMKM yang dibina, poster produk UMKM, Video dan foto produk masing-masing UMKM yang dibina, dan X Banner masing-masing UMKM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan