Mohon tunggu...
N.C Gibran
N.C Gibran Mohon Tunggu... Apoteker - Penikmat Film

Berbagi sudut pandang tentang film dari sisi penonton. peracikobat@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Hustle Job Mewadahi Passion Gen Milenial

22 Oktober 2022   00:39 Diperbarui: 22 Oktober 2022   00:44 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Victoria Heath on Unsplash   

Hustling Job atau Side Hustle merupakan sebutan pekerjaan yang didasarkan untuk memenuhi kepuasan dan tentu uang tambahan. Tindakan ini mungkin sama dengan pekerjaan sampingan, mencari uang di sela-sela pekerjaan utama.

Melansir dari Tirto.id yang sudah melakukan survei  terkait hal yang serupa. Bahwasanya Side Hustle dilakukan oleh Gen Z dan Milenial.

Tirto  mendapatkan bahwa hampir 50 persen Gen Z dan juga Milenial memiliki pekerjaan sampingan. Dalam artikelnya Tirto menyebutkan persentase  Gen Milenial 58,20 persen sedangkan Gen Z sebanyak 54,05 persen. Jumlah yang tidak jauh berbeda.

Untuk saat ini memang sangat wajar jika setiap orang memiliki lebih satu pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Biaya hidup semakin hari semakin meninggi. 

Hal menarik yang ditemukan Tirto ialah pekerjaan sampingan adalah "jalan ninja untuk menambah ilmu" sisanya memiliki alasan karena finansial.

Menariknya adalah salah satu motif untuk melakukan pekerjaan sampingan ialah untuk menambah ilmu.

Sejatinya memang saat ini peluang untuk mengembangkan diri terbuka lebar. Keterbukaan media sosial, kemudahan teknologi memudahkan banyak orang untuk mencari informasi. 

Rasanya wajar jika banyak orang yang sadar dengan potensi diri.  Mengembangkan keilmuan saat ini cukup mudah sudah banyak platform digital yang bisa dijadikan tempat mengembangkan diri.  Kunci dari itu semua adalah konsisten dan tahu arah tujuannya. 

Selain menambah finansial nyatanya memang  side hustle dilakukan untuk kepuasan diri. Ingin mencoba hal baru yang dimana bisa mengekspresikan diri secara utuh. 

Motif utama dari ini semua adalah passion yang dimana side job dijadikan untuk penyaluran passion dari orang-orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun