Mohon tunggu...
ranny m
ranny m Mohon Tunggu... maroon lover

Manusia dg keberagaman minat dan harap. Menjadi penulis adalah salah satunya. Salah duanya bikin film. Salah tiganya siaran lagi. Salah empatnya? Waduh abis dong nilainya kalo salahnya banyak hehe..

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Belanja Lebaran Yuk!

7 Mei 2021   12:47 Diperbarui: 7 Mei 2021   12:53 265 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belanja Lebaran Yuk!
Pakaian dan Kue (Sumber : Dokumen Pribadi)

Ada hitam ada putih. Ada datang ada pergi. Ada pro ada kontra. Ada yang belanja lebaran, ada yang nggak. Perbedaan itu hal yang wajar. Karena kalau semua sama, hidup akan monoton dan membosankan.

Mungkin banyak yang lebaran kali ini lebih memilih untuk berhemat dengan meniadakan aktivitas belanjanya. Tapi mungkin juga ada yang tetap ingin belanja seperti tahun-tahun lalu. Sebagian malah kaum bimbang. Bimbang mau belanja tapi uang pas-pasan, nggak belanja tapi seperti ada "ritual" yang kurang.

Untuk kamu yang tim ingin belanja dan kaum bimbang, coba pertimbangkan kembali apa sih alasan kamu untuk belanja lebaran? Tapi kelompok say no to belanja lebaran, bisa menyimak juga ya, siapa tahu jadi bahan renungan juga.

Paling tidak ada tiga hal yang bisa jadi alasan kamu untuk belanja lebaran di masa pandemi kali ini. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Membantu pertumbuhan ekonomi

Sebagaimana dikutip dari salah satu berita di portal kompas.com, Managing Director Economy and Policy Studies, Anthony Budiawan mengatakan, ada tiga aspek yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yaitu belanja rumah tangga, investasi, dan ekspor. Untuk menggenjot investasi disaat seperti ini, masih sulit. Sementara ekspor merupakan perdagangan internasional yang mana tak mudah untuk dikendalikan sendiri. Maka yang bisa kita lakukan untuk membantu negara sendiri adalah belanja rumah tangga. Dengan adanya aktivitas belanja, maka perekonomian akan berputar.

2. Membantu produsen produk lokal

Ini menjadi catatan penting setelah ajakan belanja, yakni apa yang yang perlu dibeli. Kamu bisa membeli produk-produk yang mendukung lebaran, seperti pakaian atau kue. Yang perlu kamu garis bawahi adalah belilah produk-produk buatan Indonesia. Banyak sekali produk lokal yang kualitasnya setara dengan produk internasional, hanya kalah brand saja. Nah ini waktunya kamu untuk membantu promosi produk dalam negeri. Nggak cuma batik aja ya untuk pakaiannya, banyak juga yang berupa kaos, kemeja, koko, gamis, jilbab dan lainnya. Harganya juga bervariasi. Ada yang mahal ada juga yang ramah di kantong. Tinggal disesuaikan saja dengan model kesukaanmu dan kemampuan dompetmu.

Kamu juga nggak perlu bersumpek-sumpek ria di Mall atau pasar, banyak produsen pakaian lokal yang menyediakan pembelian secara daring, baik melalui website pribadi mereka, ecommerce atau pun whatsapp. Jadi kamu tetap bisa di rumah saja menjauhi kerumunan. Untuk size-nya? Biasanya mereka juga menuliskan catatan tentang ukuran pakaiannya dan jenis bahan yang digunakan. Jadi, insyaallah sesuai ekspektasi.

Kalau kamu nggak sempat buat kue lebaran, kamu juga bisa membelinya di toko-toko kue terdekat. Sekali lagi, produk lokal. Ada juga yang bisa kamu pesan secara daring, jadi kamu nggak perlu antri di toko.

3. Menyenangkan hati kerabat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x