Mohon tunggu...
M Yusuf Alamudi
M Yusuf Alamudi Mohon Tunggu... Ilmuwan di Professor Nidom Foundation, penulis dan dosen luar biasa

menulis untuk mencerahkan umat

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Idul Adha 1440 h, Pilih Masakan Afrika atau Timur Tengah?

9 Agustus 2019   11:25 Diperbarui: 9 Agustus 2019   16:55 0 2 0 Mohon Tunggu...

2 hari lagi idul adha 1440 H dan pemerintah pun melalui kementrian agama telah menetapkan tanggal 11 agustus 2019 sah sebagai idul adha 1440 H. Hewan kurban juga banyak yang dijual di kota surabaya, mulai dari pasar hewan yang biasnaya tiap tahun dijual halaman dinas peternakan jawa timur, di pinggir jalan, lahan PT KAI sampai di pasar hewan wisata religi ampel yang dekat dengan rumah potong hewan yang telah berdiri sejak penjajahan belanda dan masih dapat beroperasi dengan baik sampai dengan saat ini. 

Harga hewan kurban pun bervariasi untuk kambing mulai 2 jutaa-an, untuk sapi mulai harga 12 juta-an. Tahun ini ada yang istimewa dalam merayakan idul adha 1440 H, kehadiran si kecil Muhammad Raihan Alamudi, yang berusia 16 bulan tanggal 27 bulan ini, nuansanya lebih meriah, terlebih lagi sudah dibuatkan baju oleh maminya dan akan kembar bersama maminya. Tatkala meriah adalah adanya ibu mertua di keluarga kecil kami, ibu mertua akan menyiapkan masakan spesial berbahan dari daging hewan kurban, masakan afrika bro. 

Tahun-tahun sebelumnya sebelum menikah dan awal tahun pernikahaan, MengolahDagingKurban di rumah ada ibu kandung saya, kebetulan almarhum aby saya keturunan timur tengah/yaman. MengolahDagingKurban  akan dimasak gule dan sate kambing khas timur tengah. Ditambah lagi dengan sajian roti maryam dan juga nasi kebuli yang kaya dengan rempah-rempah. 

Rasanya tuh mantap dan ingin terus makan, apalagi ditambah dengan minyak samin dan mentega, makannya ingin nambah terus, hari raya idul adha, ada hari tasriq dimana 3 hari tidak boleh menjalankan puasa sunnah, jadi bisa makan sepuasnya.

Tahun ini ibu mertua yang memasak dan mengolah daging kurban ala afrika ada beberapa menu pilihan masakan yang akan dimasak :

Biltong (daging yang dikeringkan, dan diberi topping salad seperti pizza atau dlama bentuk sandwich)

Tomato Bredie (rebusan daging kambing dan tomat dengan rempah-rempah, nasi hangat)

Boerewors (daging sapi atau daging domba, dipanggang seperti steak, diberi sauce tomat

Vetkoek dan Mince (roti goreng dan daging sapi seperti burger)

Petjikoes (daging domba dicincang, potongan kentang, wortel, kacang hijau dan tomat, jahe dan lada hitam direbus berssama)

Sosaties (daging kambing ditusuk seperti sate, aprikot dan dipanggang secara bersama)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2