Mohon tunggu...
Lala_mynotetrip
Lala_mynotetrip Mohon Tunggu... Lainnya - Terus berupaya menjadi diri sendiri

Blogger pemula|menyukai petualangan sederhana|penulis amatir|S.kom |pecandu buku|Sosial Media creative|Ide itu mahal|yuk menulis|doakan mau terbitin novel

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Makanan Khas Tembleg Terigu Namanya

22 November 2023   14:28 Diperbarui: 24 Desember 2023   22:43 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri di edit pakai aplikasi Canva

Hari ini, tiba-tiba pengen bikin cemilan masa kecil. Jaman masih bocil, punya dua adek yang jarak usia deketan serta sempet ada di posisi ekonomi sempit. Bapak selalu punya ide supaya kita anak-anak yang lagi doyan jajan, bisa ngemil di rumah aja. Bapak bikin cemilan yang di kasih nama Tembleg terigu, simpel banget. 

Gimana cara bikin nya? Cukup tuangkan tepung terigu, di campur air aduk perlahan hingga agak encer dan adonan kalis, kasih garem dikit, aduk merata. Lalu panaskan teflon dan tuangkan adonan ratakan supaya agak tipis, diamkan sesaat dengan api kecil kemudian balik diamkan sampai kedua belah permukaan matang, lalu angkat dan tiriskan.

Cara makan nya, cukup di cocol sama gula putih atau parutan gula merah. Dimakan selagi hangat rasa nya enak, entah karena bocil ini sedang lapar atau emang senikmat itu makan bareng sama bapak, mama dan kedua adik.

Hari ini, aku coba resep tersebut beda nya aku mau pake cocolan cokelat batangan yang aku cairkan. Kebetulan di freezer masih ada cokelat batangan dapat dari hadiah giveaway. Masya Allah tabarakallah, rasa nya nikmat banget. Kali ini makan nya bareng sama mama aja. Karena adik-adik kerja dan Bapak sedang pergi keluar kota. 

Suka ada enggak sih yang tiba-tiba sekangen itu sama masakan masa bocil? Masakan buatan orangtua rasanya emang khas dan resep nya auto tercatat dalam ingatan.

Selain kue Tembleg terigu khas bapak, aku puj sangat suka sup makaroni ala Bapak, pas rumah kami terpisah karena aku ikut suami di luar Kota, sering banget tuh aku recook resep Bapak atau Mama sebagai salah satu cara menuntaskan kerinduan sama mereka.

Mungkin, kue tembleg terigu ini pun suka atau pernah di buat juga sama teman-teman dengan nama atau sebutan berbeda, ditemani toping yang beragam. Coba dong komen makanan apa sih yang bikin temen-temen kangen? Lalu apakah suka recook resep makanan yang ngangenin itu? Yuk sharing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun