Mohon tunggu...
Muhammad Dahron
Muhammad Dahron Mohon Tunggu... Freelancer - Karyawan

Menulis Artikel

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Makanan Khas Lebaran Idul Adha yang Harus Disediakan di Rumah

13 Juni 2024   16:40 Diperbarui: 13 Juni 2024   18:37 281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi makanan khas Lebaran (sumber: KOMPAS.com/Dok.The Sultan Hotel & Residence Jakarta)

Hari Raya Idul Adha adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi seluruh umat Muslim. Hari raya Idul Adha disebut juga sebagai hari raya qurban yang biasanya jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pada hari raya ini, umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul untuk merayakan peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT. Kurban dilakukan dengan menyembelih hewan qurban seperti sapi, kambing, atau domba dan kemudian dagingnya dibagi-bagikan ke keluarga, saudara, dan tetangga.

Tidaklah lengkap jika merayakan Hari Raya Idul Adha tanpa menyajikan makanan khas wajib. Makanan khas Hari Raya Idul Adha biasanya dibuat dengan bahan daging qurban dan sangat istimewa karena hanya disajikan pada hari raya Idul Adha. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Lebaran Idul Adha yang harus disediakan di rumah:

Ketupat

Ketupat adalah makanan yang tidak bisa dipisahkan dari hari raya Idul Adha. Ketupat yang terbuat dari beras ini biasanya disajikan dengan sate atau gulai kambing atau sapi. 

Ilustrasi kerupat (sumber: radarjabar.disway.id)
Ilustrasi kerupat (sumber: radarjabar.disway.id)

Meskipun rasanya sangat sederhana, ketupat ternyata memerlukan teknik anyaman yang rumit dan detail serta waktu yang cukup lama untuk membuatnya dengan benar. Namun, jika Anda ingin mencoba membuat ketupat sendiri, ikuti saja langkah-langkah mudah berikut ini:

Siapkan bahan-bahan utama, yaitu beras dan daun kelapa hijau.

  • Cuci daun kelapa yang akan digunakan untukanyaman, lalu potong menjadi seukuran 20 cm. Supaya kelopak-kelopak bisa ditekuk mudah, lepaskan bagian-bagian keras dibagian bawah daun, atau potonglah ujung membran dengan pisau.
  • Isi anyaman daun kelapa dengan nasi terlebih dahulu dengan menggunakan 2/sendok makan, jangan sampai terlalu penuh, karena nasi akan mengembang menjadi dua kali lipat.
  • Rapatkan kelopak daun kelapa seperti membungkus, tuck in the sides by pressing on corners and folding them into triangles.
  • Lipat daun kelapa yang belum tersentuh ke tengah, tekuk ke dalam dan rapatkan kulit, lalu kunci ujungnya dengan gagang dari kelapa daun dengan kembolehan. Saat merebus, masukkan ketupat ke dalam air mendidih. Ketupat siap dihidangkan ketika sudah direbus selama 1 jam. Potong-potong dan sajikan dengan sate, gulai kambing, atau hidangan lainnya.

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat ketupat sendiri, Anda dapat menyajikan ketupat dengan lebih banyak pilihan makanan lainnya pada Hari Raya Idul Adha, atau bahkan membagikan kepada tetangga, keluarga dan teman-teman.

Sate Kambing atau Sapi 

Sate kambing atau sapi adalah hidangan yang paling banyak dicari pada saat lebaran Idul Adha. Sate kambing atau sapi ini memiliki cita rasa yang lezat dan wangi. Tak salah bahwa sate kambing atau sapi adalah hidangan favorit selama Lebaran Idul Adha. Ciri khas yang lezat dari campuran daging dan bumbu khas, daging yang empuk dibungkus kecil di tusukan bambu, dan disajikan bersama ketupat membuatnya menjadi kombinasi sempurna. Berikut adalah resep sate kambing atau sapi yang dapat Anda coba untuk merayakan hari kemenangan Idul Adha:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun