Mohon tunggu...
Muzdalifah
Muzdalifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Singaperbangsa Karawang - 2018- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Prodi Ilmu Komunikasi. Email: Muzdalifahulfa19@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

5 Tips Agar Dapat Berbicara di Depan Banyak Orang (Public Speaking)

17 November 2021   22:02 Diperbarui: 18 November 2021   08:13 376 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Sumber: http://Insanq.co.id)

Komunikasi secara langsung didepan publik/khalayak atau sekelompok orang akan lebih sulit dibandingkan komunikasi antar sesama, karena kita tidak terbiasa untuk berbicara di depan banyak orang. Berbicara di depan publik disebut juga public speaking yang bertujuan untuk memberikan informasi sebuah pesan, mempengaruhi, atau menghibur orang banyak. Aspek public speaking yang melatih kita untuk percaya diri berbicara di depan banyak orang yaitu mulai dari presentasi di kelas, berpidato, berceramah dan lainnya. Namun kemampuan public speaking juga terdapat pada profesi yang di mana selalu bertemu orang banyak yaitu motivator, entrepreneur, guru dan lainnya, bahkan di dunia kerja kemampuan public speaking akan sangat dibutuhkan.

(Sumber: http://fisipol.uma.ac.id)
(Sumber: http://fisipol.uma.ac.id)

Jika kamu ingin belajar atau ingin tahu bagaimana cara agar bisa berbicara di depan banyak orang, maka ada beberapa tips penting yang dapat kamu pelajari tentang public speaking  yaitu :

1. Kuasai Materi
Hal yang paling penting untuk menentukan kelancaran kamu dalam public speaking. Kamu harus memahami materi terlebih dahulu  apa yang akan disampaikan kepada khalayak jika kamu tidak paham atau tidak menguasai materi,  maka kamu akan menjadi gugup sehingga dapet memalukan diri sendiri. Ingat jika kamu hanya menghafal materi ketika lupa materinya, maka kamu bisa sampaikan apa yang sudah kamu pahami dengan materinya. Jadi jangan hanya dihafal tapi pahami kuasai materi.

2. Bahasa Yang Dapat Dipahami
Menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti orang lain, yaitu mengetahui dan mengenal siapa audiens atau pendengar kamu, maka akan dapat menyesuaikan bahasa yang disampaikan dengan mudah. Jangan menggunakan bahasa yang asing sehingga sulit untuk dipahami. Gunakan kalimat yang tidak bertele-tele atau kalimat yang berputar-putar itu hanya akan membuat audiens kamu merasa bosan. Jadi gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan kalimat yang tidak bertele-tele artinya jelaskan secara ringkas, padat, dan jelas.

(Sumber: http://tokopedia.com) 
(Sumber: http://tokopedia.com) 
3. Atur Tempo Berbicara
Dalam berbicara atur nafas serta tempo seperti nada dan intonasi berbicara. Nada Jangan berbicara terlalu keras seperti teriak-teriak namun juga jangan terlalu kecil suaranya, namun sesuaikan nada dengan kondisi suasana sehingga audiens dapat mendengar apa yang kamu bicarakan. Sedangan intonasi bicara jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat, dengan menggunakan penegasan pada kalimat berhenti sejenak. Dengan begitu pendengar senang mendengarkan dan materi menjadi menarik.

4. Gunakan Bahasa Tubuh
Kamu juga bisa menggerakan tubuh kamu menjadi alat bantuan agar dapet membuat kamu lebih rileks dan rasa gugup pun berkurang. Menggunakan bahasa tubuh saat menyampaikan materi juga memberi kesan bahwa kamu percaya diri memahami isi materi yang disampaikan seakan-akan spontan berbicara.

(Sumber: http://ef.co.id) 
(Sumber: http://ef.co.id) 
5. Konsisten Latihan
Dengan persiapan sebelum tampil maka dibutuhkan latihan dengan cara konsisten berlatih di depan cermin ataupun berlatih di depan orang lain kamu juga bisa lakukan dengan merekam video latihan kamu, bertujuan untuk bisa memperlancar public speaking, menumbuhkan rasa percaya diri sebelum tampil di depan banyak orang serta mengoreksi kesalahan-kesalahan ataupun mengetahui kekurangan persiapan sebelum tampil. Serta mintalah respon feedback untuk kritik dan saran ketika sudah berlatih agar bisa mengetahui kekuranganmu.

Nah beberapa tips yang sudah di rangkum buat kamu yang masih bingung gimana cara agar bisa berbicara di depan banyak orang, ini menjadi pilihan yang tepat karna dapat dipelajari dengan mudah.

Semoga Bermanfaat...dan jangan lupa untuk diterapkan yah 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan