Mohon tunggu...
Mutia Yossiani
Mutia Yossiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Pendidikan Sejarah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 Mengajak Remaja Menerapkan Hidup Sehat dengan Mengontrol Asupan Kalori

10 Agustus 2022   22:01 Diperbarui: 16 Agustus 2022   18:34 201 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosialiasi Makanan Sehat dan Gizi Seimbang kepada Siswa SMA Islam Nurul Karomah Sukabumi (Dokpri)

Terhitung sejak 11 Juli 2022 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan program KKN Tematik dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDGs Desa dan MBKM" yang diikuti oleh 7.089 mahasiswa. SDGs Desa memiliki 18 tujuan, salah satunya adalah Desa Tanpa Kelaparan yang bertujuan untuk menghilangkan kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik, serta meningkatkan pertanian berkelanjutan.

Kegiatan KKN Tematik UPI 2022 masih bersifat daring, sehingga tempat pelaksanaannya dilakukan sesuai dengan domisili mahasiswa masing-masing. Begitupun dengan mahasiswa UPI asal Sukabumi yang tergabung dalam kelompok 121, dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Salman M.Pd yang melakukan kegiatan sosialisasi pola hidup sehat dan gizi seimbang di SMA Islam Nurul Karomah yang beralamatkan di Jl. Keramat No.99 RT 03/04, Kota Sukabumi Jawa Barat.

Program kerja ini berangkat dari permasalahan pola makan remaja yang kurang terarah serta maraknya remaja yang melakukan diet tidak sehat karena kurangnya edukasi hingga mengabaikan asupan gizi dan kalori yang dapat membahayakan tubuhnya.  Sosialisasi ini ditujukan untuk mengajak anak remaja khususnya siswa SMA Islam Nurul Karomah untuk mulai menerapkan pola hidup sehat dan mengimpementasikan pedoman gizi seimbang guna mencegah kekurangan gizi/malnutrisi.

Sebagian besar siswa yang menghadiri kegiatan sosialisasi ini mengaku belum menerapkan pola hidup sehat dan gizi seimbang. Mereka bahkan masih awam dengan komponen-kompenen yang terkandung dalam makanan sehat. Para siswa mengaku masih sering jajan sembarangan dan mengkonsumsi makanan cepat saji tanpa memperdulikan kalori dan gizi yang terkandung didalamnya.  Maka dari itu, mahasiswa KKN Tematik UPI menyampaikan pengarahan pentingnya pola hidup sehat dan menayangkan video edukasi mengenai makanan sehat dan gizi seimbang.


Sebagai implementasi salah satu poin gizi seimbang, yakni mempertahankan berat badan ideal, mahasiswa KKN Tematik UPI mengajak para siswa untuk menghitung Indeks Masa Tubuh terlebih dahulu dengan memanfaatkan website www.calculator.net . Perhitungan Indeks Masa tubuh tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah berat badan siswa sudah ideal atau belum. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, berat badan seluruh siswa yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini sudah berada pada berat badan ideal.

Penggunaan bmi calculator  untuk mengetahui berat badan ideal  (calculator.net, 2022)
Penggunaan bmi calculator  untuk mengetahui berat badan ideal  (calculator.net, 2022)

Untuk mempertahankan berat badan ideal tersebut, para siswa harus dapat menjaga dan mengontrol asupan makanan dan kalori yang dikonsumsi sehari-hari. Maka dari itu, Mahasiswa KKN UPI memperkenalkan aplikasi fatsecret kepada siswa SMA Islam Nurul Karomah untuk membantu menghitung jumlah kalori harian yang harus dikonsumsi dengan mudah. Hanya dengan memasukan nama makanan yang telah atau akan dikonsumsi oleh siswa, aplikasi tersebut secara otomatis akan menampilkan jumlah kalori makanan tersebut dan menghitung sisa kalori harian para siswa

Penggunaan aplikasi fatsecret untuk menghitung jumlah asupan kalori (fatsecret,2022)
Penggunaan aplikasi fatsecret untuk menghitung jumlah asupan kalori (fatsecret,2022)

Saat mengkonsumsi makanan, maka akan terhitung sebagai kalori yang masuk pada tubuh kita, dan saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, artinya kita sedang mengeluarkan kalori. Aplikasi fatsecret yang dikenalkan kepada siswa SMA Islam Nurul Karomah dapat membantu siswa agar kalori yang masuk dan dikeluarkan oleh tubuh dapat seimbang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan