Mohon tunggu...
Mutiara Salsabila
Mutiara Salsabila Mohon Tunggu... Lainnya - XI MIPA 2 (24) - SMAN 28 JAKARTA

where the waves end

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Resensi Buku "Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990" Karya Pidi Baiq

8 Maret 2021   14:34 Diperbarui: 8 Maret 2021   15:02 70246 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok Pastel Books, PT Mizan Pustaka

Identitas Buku

Judul : Dilan : Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Penulis : Pidi Baiq

Banyak halaman : 348 halaman

Penerbit : Pastel Books, PT Mizan Pustaka

Tahun terbit : 2016

Tentang Penulis

Penulis dari novel ini yaitu Pidi Baiq merupakan seorang pria kelahiran Bandung, 8 Agustus 1972. Pidi Baiq dikenal sebagai seniman yang penuh dengan karya-karya hebat dan talentanya bukan hanya dalam bidang menulis tetapi juga terkenal aktif menjadi seorang musisi dan juga pencipta lagu. Pidi Baiq juga dikenal sebagai pria yang humoris dengan pilihan katanya yang puitis. Bisa dilihat dari perkenalan dirinya di buku novel Dilan, belau mengaku sebagai Imigran dari Sorga yang diselundupkan ke Bumi oleh Ayah dan Ibunya. Novel Dilan ini juga bukan karya pertamanya, beberapa karya terdahulunya yaitu buku Drunken Monster, Drunken Molen, Drunken Mama, Drunken Marmut, Al-Asbun, At-Twitter, dan Hanya Salju Pisau Batu. Pidi Baiq juga membuka akun media sosial di twitter dengan nama @pidibaiq.

Sinopsis Buku

Novel "Dilan : Dia Adalah Dilanku Tahun 1990" bercerita tentang kisah cinta dua remaja Bandung pada tahun 90an. Berawal dari seorang siswa bernama Dilan yang jatuh cinta dengan siswi pindahan dari SMA di Jakarta bernama Milea. Dilan memiliki beragam cara untuk mendekati dan mencuri perhatian Milea. Mulai dari bertingkah selayaknya seorang peramal, berpura-pura menjadi orang suruhan kantin, dan banyak lagi perhatian-perhatian kecil yang diberikan untuk melunakkan hati Milea.

Milea sendiri pada awalnya menolak untuk menerima segala perhatian dari Dilan karena memikirkan pacarnya yang ada di Jakarta. Namun, saat adanya kunjungan ke Jakarta dalam rangka mengikuti olimpiade di sana, pacar Milea bernama Beni menunjukkan sikap kasarnya yang diakuinya timbul akibat cemburu melihat Milea makan bersama lelaki lain, karena kejadian itulah Milea dan Beni mengakhiri hubungannya dan Milea mulai membuka hatinya untuk Dilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan