Mohon tunggu...
Mutiara Laksa Zakia
Mutiara Laksa Zakia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia

Saya seorang mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi, organisasi yang saya ikuti adalah HIMADIKSI, KOPMA BS UPI, HIMI Persis PK UPI, dan saya pernah menjabat menjadi direktur GC IBM KOPMA BS UPI pada tahun 2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Tematik UPI 2021: Pembiasaan Literasi Anak Melalui Program Pojok Membaca

26 September 2021   22:20 Diperbarui: 26 September 2021   22:23 26 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pembiasaan Literasi Anak Melalui Program Pojok Membaca
KKN Tematik UPI 2021: Pembiasaan Literasi Anak Melalui Program Pojok Membaca

Literasi menurut Kemendikbud (2016:2) adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai salah satu perguruan tinggi yang lekat dengan aspek pendidikan melakukan upaya untuk meningkatkan minat literasi di Indonesia denagn  mengadakan program Kuliah Kerja Nyata dengan tema " Mengembangkan Literasi (Literasi Baca dan Tulis, Numerisasi, Sains, Digital, Finansial, Budaya dan Kewargaan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional".

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mewajibkan mahasiswanya untuk ikut serta meningkatkan minat literasi di Indonesia dengan ikut terjun langsung ke lingkungan masyarakat dengan tujuan meningkatkan literasi di sekolah dan mengingatkan pentingnya literasi di era sekarang ini yaitu era digital.

Salah satu kelompok mahasiswa KKN UPI mengadakan program pojok membaca di setiap kelas di Sekolah Dasar Islam Ibnu Sina Bandung. Pojok baca adalah sudut tempat siswa-siswi membaca yang dimana buku tersebut non pelajaran serta karya siswa yang dapat menambah keunikan.

Dalam kegiatan tersebut siswa di bebaskan memilih buku bacaan yang inginkan juga siswa diberi waktu 15 hinga 20 menit untuk membaca buku tersebut, setelah itu siswa diminta untuk menceritakan kembali isi bacaan yang telah mereka baca sebelumnya dan mendapatkan point keaktifan, sehingga ketika point keaktifan tersebut sudah terkumpul oleh masing-masing siswa mereka akan mendapatkan reward oleh guru tersebut.

Pojok membaca ini dimaksudkan sebagai solusi untuk meningkatkan peran sekolah dalam pembiasaan kegiatan membaca di sekolah. Kegiatan membaca ini menjadikan siswa bertambah ilmu serta wawasan, semakin banyak membaca mereka akan menumbuhkan sikap bijak dalam melakukan suatu hal. Membaca juga membuat mereka menjadi semakin mengenal dan menambah kalimat atau kosakata baru yang sebelumnya belum diketahui oleh anak tersebut dan anak mampu bertahan ditengah perkembangan zaman

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan