Pada semester 4 ini, saya mengambil mata kuliah Penulisan Kreatif Humas yang diampu oleh Kak Marshelia Gloria Narida, S.S., M.A selaku dosen ilmu komunikasi di Universitas Kristen Indonesia. Tepat pada awal kelas, Ka Marsel menjelaskan, biasanya mata kuliah ini bertuliskan Penulisan Humas tanpa ada tambahan kata Kreatif. Karena bagi beliau menjadi seorang humas harus berkreatif dan inovatif terhadap apa yang sedang di kerjakan, maka dari itu ia menambahkan kata Kreatif di tengah Penulisan dan Humas. Cara kerja menulis seorang PR pun tidak dapat di lakukan asal-asalan.
Kemajuan teknologi informasi yang terjadi saat memacu perkembangan dalam publik relation (PR), Sehingga para praktisi harus Sensitif mengamati berbagai perkembangan  serta ditantang untuk terus mengembangkan gagasan atau ide yang tepat dan unik demi strategi komunikasi yang bisa diterapkan berbagai saluran media.Â
 Apa itu Pentingnya Kreativitas dalam Perusahaan?
Public Relations atau Humas sebagai alat manajemen secara struktural merupakan bagian integral dari suatu perusahaan, berperan sangat signifikan dan kontribusinya turut menentukan keberhasilan perusahaan itu untuk mencapai visi, misi dan tujuan bersama. PR memiliki peran untuk membangun Pentingnya riset media sosial dalam menentukan minat produk oleh praktisi PR Pentingnya riset media sosial dalam menentukan minat produk oleh praktisi PR. Pentingnya praktisi PR dalam suatu perusahaan untuk menentukan bukan hanya apa yang akan dikatakan, tetapi juga apa yang akan dilakukan (Harold Burson).
Setiap perusahaan hendaknya menyadari akan peran penting PR di dalam nya, Sebab sangat menentukan keberhasilan serta keberlangsungan perusahaan salah satunya adalah citra perusahaan. Perusahaan yang memiliki citra yang baik akan meningkatkan loyallitas pelanggan dan menciptakan "personal branding" pada produk nya. Â Sehingga banyak dampak yang sangat menguntungkan untuk perusahaan tersebut dalam jangka waktu yang lama. Selain memiliki kualitas yang baik, citra perusahaan terbentuk juga berkat adanya kreativitas seorang PR yang telah mengimplementasikan kinerja nya.
Kemampuan berpikir kreatif adalah aspek yang tak dapat dipisahkan dari seorang Public Relations. Melalui ide-ide inovatif, potensi kesuksesan merek, produk, atau perusahaan dapat semakin meningkat. Oleh karena itu, sebagai seorang PR diperlukan pemahaman yang mendalam agar ide-ide baru dapat terus berkembang.
Lalu bagaimana cara agar seorang publik Relation dapat berpikir Kreatif?
1. Berkolaborasi dengan orang lain:
Berkolaborasi merupakan bekerjasama dengan orang-orang yang relavan dengan cara pandang atau sudut pandang seseorang terhadap suatu hal. Ini bisa dipengaruhi oleh Pengalaman pribadi, latar belakang, pendidikan (perspektif) dan insting yang kuat. Ini bisa meningkatkan cara berpikir kreatif dalam program komunikasi kita.Â
2. Selalu Up-t0-date dengan trend:
Sebagai seorang PR harus selalu mengikuti trend terbaru. Mulai dari perilaku audiens, media yang mereka konsumsi dan sebagainya, Dengan itu kita bisa pakai buat program komunikasi yang lebih pas sasaran.Â