Mohon tunggu...
Mutiara Alifa
Mutiara Alifa Mohon Tunggu... mahasiswa

Halo! Nama saya Mutiara Alifa Anhar. Saat ini saya merupakan mahasiswa semester 4 yang sedang menjalani peminatan sebagai seorang Public Relations. Saya memiliki hobi bermain voli, sebuah olahraga yang tidak hanya mengasah kemampuan fisik, tetapi juga mengajarkan pentingnya kerja sama tim dan strategi. Saya sangat menikmati setiap pertandingan dan latihan, karena voli memberikan kesempatan untuk bersosialisasi dan meningkatkan keterampilan komunikasi dalam tim. Di samping keantusiasan terhadap hobi, saya juga aktif mengikuti berbagai kepanitiaan dan organisasi. Selama di kampus, saya sering terlibat dalam kegiatan kepanitiaan seperti seminar, Event olahraga dan sebagainya. Pengalaman ini memperkaya pengetahuan dan keterampilan sosial saya. Saya percaya bahwa aktif dalam organisasi yang sesuai dengan minat dan passion saya, seperti lingkungan, atau kegiatan kemahasiswaan lainnya, sangat penting. Saya senang berkolaborasi dengan orang-orang dan berkontribusi dalam upaya bersama untuk menciptakan perubahan positif di lingkungan sekitar. Dalam dunia Public Relations, kreativitas memegang peranan penting dalam meningkatkan citra suatu perusahaan. Kreativitas membantu praktisi humas untuk mengembangkan strategi komunikasi yang inovatif dan efektif. Dengan kreativitas, seorang praktisi humas dapat merancang kampanye yang menarik dan mampu menarik perhatian publik. Selain itu, kreativitas juga memungkinkan untuk menyampaikan pesan perusahaan dengan cara yang lebih engaging dan memorable, sehingga citra perusahaan dapat terangkat di mata publik. Sebagai praktisi humas yang kreatif, saya berkomitmen untuk selalu mencari ide-ide baru dan solusi kreatif untuk mendukung keberhasilan perusahaan dalam berkomunikasi dengan audiensnya. Kreator: Mutiara alifa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Kreativitas Pada Praktisi Humas dalam Meningkatkan Citra Perusahaan

22 Juni 2024   08:21 Diperbarui: 23 Juni 2024   14:25 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada semester 4 ini, saya mengambil mata kuliah Penulisan Kreatif Humas yang diampu oleh Kak Marshelia Gloria Narida, S.S., M.A selaku dosen ilmu komunikasi di Universitas Kristen Indonesia. Tepat pada awal kelas, Ka Marsel menjelaskan, biasanya mata kuliah ini bertuliskan Penulisan Humas tanpa ada tambahan kata Kreatif. Karena bagi beliau menjadi seorang humas harus berkreatif dan inovatif terhadap apa yang sedang di kerjakan, maka dari itu ia menambahkan kata Kreatif di tengah Penulisan dan Humas. Cara kerja menulis seorang PR pun tidak dapat di lakukan asal-asalan.

Kemajuan teknologi informasi yang terjadi saat memacu perkembangan dalam publik relation (PR), Sehingga para praktisi harus  Sensitif mengamati berbagai perkembangan  serta ditantang untuk terus mengembangkan gagasan atau ide yang tepat dan unik demi strategi komunikasi yang bisa diterapkan berbagai saluran media. 

 Apa itu Pentingnya Kreativitas dalam Perusahaan?

Public Relations atau Humas sebagai alat manajemen secara struktural merupakan bagian integral dari suatu perusahaan, berperan sangat signifikan dan kontribusinya turut menentukan keberhasilan perusahaan itu untuk mencapai visi, misi dan tujuan bersama. PR memiliki peran untuk membangun Pentingnya riset media sosial dalam menentukan minat produk oleh praktisi PR Pentingnya riset media sosial dalam menentukan minat produk oleh praktisi PR. Pentingnya praktisi PR dalam suatu perusahaan untuk menentukan bukan hanya apa yang akan dikatakan, tetapi juga apa yang akan dilakukan (Harold Burson).

Setiap perusahaan hendaknya menyadari akan peran penting PR di dalam nya, Sebab sangat menentukan keberhasilan serta keberlangsungan perusahaan salah satunya adalah citra perusahaan. Perusahaan yang memiliki citra yang baik akan meningkatkan loyallitas pelanggan dan menciptakan "personal branding" pada produk nya.  Sehingga banyak dampak yang sangat menguntungkan untuk perusahaan tersebut dalam jangka waktu yang lama. Selain memiliki kualitas yang baik, citra perusahaan terbentuk juga berkat adanya kreativitas seorang PR yang telah mengimplementasikan kinerja nya.

Kemampuan berpikir kreatif adalah aspek yang tak dapat dipisahkan dari seorang Public Relations. Melalui ide-ide inovatif, potensi kesuksesan merek, produk, atau perusahaan dapat semakin meningkat. Oleh karena itu, sebagai seorang PR diperlukan pemahaman yang mendalam agar ide-ide baru dapat terus berkembang.

Lalu bagaimana cara agar seorang publik Relation dapat berpikir Kreatif?

1. Berkolaborasi dengan orang lain:

Berkolaborasi merupakan bekerjasama dengan orang-orang yang relavan dengan cara pandang atau sudut pandang seseorang terhadap suatu hal. Ini bisa dipengaruhi oleh Pengalaman pribadi, latar belakang, pendidikan (perspektif) dan insting yang kuat. Ini bisa meningkatkan cara berpikir kreatif dalam program komunikasi kita. 

2. Selalu Up-t0-date dengan trend:

Sebagai seorang PR harus selalu mengikuti trend terbaru. Mulai dari perilaku audiens, media yang mereka konsumsi dan sebagainya, Dengan itu kita bisa pakai buat program komunikasi yang lebih pas sasaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun