Mohon tunggu...
Mutia Elyani
Mutia Elyani Mohon Tunggu... Apoteker - tugas kuliah

tugas kuliah

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Tingkatkan Destinasi Wisata, Mahasiswa UMM Manfaatkan Potensi Pulau Depi dengan Memasang Spot Foto

9 Agustus 2020   13:29 Diperbarui: 9 Agustus 2020   13:27 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pengoptimalisasian potensi dan sumberdaya yang ada di masyarakat tentunya hal yang harus diperhatikan, dilaksanakan sesuai dengan potensi dan kemampuan yang ada di masyarakat tersebut. Setiap orang, dan masyarakat mengharapkan bahwa kondisi yang lebih baik tersebut adalah tercapainya tingkat kesejahteraan dalam hidup yang lebih tinggi, yaitu semakin banyak kebutuhan hidup yang terpenuhi. Oleh karena itu, dalam setiap masyarakat tersedia sumber daya yang merupakan sebuah potensi lokal yang bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Setiap wilayah mempunyai potensi lokal yang berbeda-beda baik itu sumber daya manusia atau sumberdaya alamnya serta memiliki ciri khas yang tertentu serta cara yang berbeda dalam mengelola hasil sumberdaya yang ada. Kekayaan potensi tersebut mampu memberikan manfaat yang melimpah untuk kemakmuran ekonomi masyarakat setempat, sumberdaya yang baik akan mendatangkan nilai ekonomis bagi masyarakat. Namun, realitanya kekayaan sumberdaya yang melimpah tersebut malah sebaliknya kurang memberi manfaat bagi masyarakat, bukan karena rendahnya kualitas sumberdayanya, melainkan karena rendahnya kemampuan masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya tersebut secara optimal. 

Optimalisasi pemanfaatan potensi lokal merupakan salah satu langkah selanjutnya dalam keswadayaan masyarakat yang memanfaatkan potensi dan sumber daya lokal. Potensi tersebut meliputi semua potensi yang ada seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya sosial.salah satu bentuk optimalisasi pemanfaatan potensi lokal dalam memberdayakan ekonomi masyarakat adalah melalui pemanfaatan potensi sumber daya manusia. Optimalisasi potensi SDM, misalnya dengan membantu memberikan pengajaran bagi anak-anak di desa, sedangkan untuk pengoptimalan potensi SDA dengan membantu mengembangkan dalam memanfaatkan aset desa, seperti pantai dan pulau di desa tersebut. 

Pulau Depi merupakan salah satu pulau yang menjadi destinasi tempat wisata, baik masyarakat lokal maupun luar daerah. Namun, pulau tersebut masih kurang dikenal oleh masyarakat luar daerah walaupun lokasinya yang terbilang lumayan dekat dengan tempat tinggal masyarakat desa. selain karena kurangnya sosialisasi pengenalan terhadap pulau tersebut, akses menuju pulau masih kurang memadai dan minimnya perhatian pemerintah akan potensi yang dimiliki oleh desa tersebut. 

Adanya program PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) ini merupakan langkah kedua yang ditempuh oleh mahasiswa dalam mengembangkan potensi alam, yang sebelumnya sudah dijalankan oleh mahasiswa universitas lain. bedanya, program yang dijalankan oleh para mahasiswa UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) mengusung tema "OPTIMALISASI POTENSI DAN SUMBERDAYA DI DESA LAB BONTONG GUNA MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT" dengan membuat spot-spot foto, membersihkan area sekitar pulau dan mengedukasi masyarakat. 

Menurut salah satu tokoh masyarakat, "Kami sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Bukan hanya untuk mengeksplor wisata alam, tetapi juga untuk menambah devisa desa. Dan sebenarnya dari pemerintah desa sudah mewacanakan untuk mengembangkan pulau tersebut, namun belum terealisasikan". 

Dengan adanya kegiatan ini, harapan kami selaku mahasiswa semoga program kerja yang sudah kami jalankan dapat bermanfaat dan berkelanjutan. Dan semoga masyarakat desa Lab. Bontong lebih menunjukan rasa peduli terhadap sesama dan lingkungan. Sekian dan Terimakasih. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan