Mohon tunggu...
Muthia Syafitri
Muthia Syafitri Mohon Tunggu... Bismillah

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Simeulue dengan makanan yang unik

24 Januari 2021   12:45 Diperbarui: 24 Januari 2021   13:24 1745 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Simeulue dengan makanan yang unik
makanan khas simeulue ; memek

whatsapp-image-2021-01-22-at-23-47-40-600d129e8ede4823667c4784.jpeg
whatsapp-image-2021-01-22-at-23-47-40-600d129e8ede4823667c4784.jpeg
Kabupaten Simeulue adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. Berada kurang lebih 150 km dari lepas pantai barat Aceh, Kabupaten Simeulue berdiri tegar di Samudera Indonesia. Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak peningkatan status pada tahun 1996 dan peresmian pada tahun 1999.

Simeulue merupakan pulau dengan kearifan lokalyang sangat banyak,  makanan dan ciri khas dari daerah ini seperti  lobster, tidak hanya lobster makanan nya yang khas ini konon menjadi daya tarik karena namanya yang banyak orang beranggapan negatif. Di desa suka jaya di kecamatan simeulue timur kabupaten simeulue provinsi aceh. Merupakan salah satu lokasi kegiatan budidaya lobster yang telah ada sejak tahun 2002. Di pulau simeulue terdapat beberapa jenis lobster yaitu lobster mutiara (Panulirus ornatus), lobster pasir (Panulirus homarus), dan lobster bambu. lobster nya ada yang di fiber dan keramba, tidak ada beda nya antara lobster yang di fiber dan keramba.

Namun lobster yang di budidayakan didesa suka jaya adalah lobster bambu,batik,pasir dan mutiara karena benih lobster tersebut mudah didapat pada awalnya, cepat tumbuh, berukuran besar, warna cerah, dan memiliki harga yang  tinggi. Pemasarannya yang sudah sampai keluar kota membuat perkembangan budidaya lobster ini semakin berkembang.

Tidak ketinggalan juga dengan salah satu makanan khas simeulue yang biasa disebut memek. Makanan ini mirip bubur dengan bahan dasar  beras ketan, pisang dan santan. Dalam Bahasa Aceh, memek berasal dari kata mamemek dalam bahasa Devayan yang artinya mengunyah beras, pasti kalian pas tau namanya langsung travelling pikiran nya wkwk canda guys. Ada dua jenis memek yaitu memek basah dan memek kering. Memek kering terbuat dari beras gongseng yang dicampur dengan kelapa parut dan gula, sementara memek basah juga dicampur dengan santan. Nama mamemek berubah menjadi memek karena cara pengolahannya telah diganti. Meskipun nama makananan ini berkonotasi negatif tetapi makanan khas simeulue yang telah di wariskan oleh leluhur ini sangat dicari karna orang pada kepo ingin tau bagaimana rasa dan bentuknya.

Pulau simeulue semakin berkembang dengan adanya budidaya lobster, wisata-wisata nya yang masih sangat alami dan makanan khas nyaa yang sangat unik membuat para wisatawan penasaran, tidak hanya wisatawan dalam negri bahkan wisatawan luar negri pun banyak berdatangan ke simeulue untuk merasakannya.

Meskipun pulau simeulue  pula yang berada jauh dari daratan provinsi Aceh, namun tetap memiliki kearifan lokal yg unik serta telah menjadi salah satu warisan budaya oleh leluhur, tidak heran jika simeulue adalah pulau kecil yang semakin berkembang dengan adanya makanan khasnya dan wisata-wisata nya juga.

nah guys jika kalian mau ke simeulue bisa naik kapal agar biaya lebih murah karna kalau naik pesawat sedikit lebih mahal tetapi sesuai keinginan jika ingin sambil melihat indah nya laut bisa naik kapal, dan jika emang tinggalnya jauh di luar kota misal dari jakarta bisa naik pesawat ke banda aceh dan nanti bisa naik kapal dari meulaboh ke simeulue hehe.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x