Mohon tunggu...
Muthiah Amatullah
Muthiah Amatullah Mohon Tunggu... Aktor - Mahasiswa S1 Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Andalas

Saya menyukai dunia bisnis karena bisa menghasilkan cuan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pemilihan Media dalam Komunikasi Bisnis

3 November 2022   12:10 Diperbarui: 3 November 2022   12:13 1330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Belanja di e-commerce menjadi pilihan banyak remaja saat ini. Dok. pribadi

Komunikasi menjadi hal yang penting dalam kehidupan manusia, tidak mungkin seseorang tidak berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial yang tentunya saling membutuhkan. Tujuan manusia berkomunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain dan dapat diterima dengan baik oleh si penerima(receiver). Tentunya kita perlu menentukan media komunikasi yang akan kita pakai agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Mengutip buku Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi (2019) Riinawati, pemilihan media yang tepat berperan penting terhadap efesiensi dalam mencapai komunikan.

Pentingnya memilih media yang tepat berlaku pada seluruh ruang lingkup komunikasi termasuk komunikasi bisnis. Bukan seperti dahulu kala ketika penjual harus menjajakan barangnya secara langsung kepada penjual, sekarang seseorang dapat berbisnis melalui online saja. Apalagi semenjak virus COVID-19 melanda dunia, tren belanja online melalui e-commerce melonjak drastis.Namun jual-beli secara langsung masi menjadi pilihan untuk berbisnis. Semua tergantung target yang akan kita capai. Ketika kita ingin menargetkan generasi millenial tentunya e-commerce bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun ketika kita menargetkan pasar untuk dewasa yang sudah cukup berumur, belum tentu mereka menguasai teknologi pembelian secara online maka jual-beli langsung adalah pilihannya.

Penting bagi seorang pebisnis memahami pasar yang akan dihadapinya kemudian menentukan media ataupun platform yang paling tepat untuk mempromosikan produk. Dalam dunia bisnis biasa disebut media promosi. Contohnya ketika ingin memasarkan make up khusus remaja,seorang pebisnis bisa memilih platform seperti tiktok, instagram atau twitter yang sering diakses oleh anak remaja zaman sekarang atau ketika ingin mempromosikan alat kebersihan modern bisa melakukan promosi melalui sinetron yang segmentasinya adalah ibu-ibu rumah tangga.

Setelah memilih platform online, penting juga untuk menyiapkan tipe konten yang akan di hadirkan dalam platform tersebut. Siapkan konten yang menarik dan penuh inovasi baru.Dewasa ini, masyarakat juga menyukai sesuatu yang berbeda, ekstreme dan unik yang dapat membuat mereka penasaran dan merasa harus membeli produk yang dilihatnya.Atau bisa memperkenalkan produk melalui artis atau influencer yang memiliki pengaruh di dalam media sosial.Hal-hal diatas penting untuk diperhatikan agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan ketika berbisnis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun